Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto mengingatkan soal peningkatan profesionalitas kepada prajurit dan terus bersinergi dengan semua unsur terkait.

"Prajurit TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kemampuan untuk menjamin stabilitas keamanan maritim khususnya yang menjadi tanggung jawab Lanal Banjarmasin," terang Wijayanto di Banjarmasin, Senin.

Hal itu dikatakan Danlanal kepada wartawan usai memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut ke-73 di halaman Mako Lanal Banjarmasin.

Menurut dia, kekuatan personel di Lanal yang belum ideal, yakni hanya 177 orang tentu harus diimbangi dengan sikap profesional yang mumpuni guna menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks.
Apalagi cangkupan wilayah kerja Lanal Banjarmasin yang cukup luas, yakni dari Pos Angkatan Laut (Posal) Kumai di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah hingga Posal Sungai Danau di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Di mana harus menjaga wilayah perairan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang memiliki potensi kerawanan untuk selalu diwaspadai.

"Sesuai dengan tema HUT TNI AL tahun ini, yakni 'Bersama rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun bangsa guna mewujudkan kesejahteraan melalui laut', maka prajurit Lanal Banjarmasin siap mengabdi kepada bangsa untuk rakyat yang lebih sejahtera," tandas Wijayanto.

Upacara sendiri digelar secara sederhana dan penuh khidmat. Dandenpomal Lanal Banjarmasin Mayor Laut (PM) Abdi Harris Tampubolon SS, bertindak sebagai komandan upacara dengan inspektur upacara Danlanal.

Pada kesempatan itu Danlanal memberikan tanda kehormatan Satyalancana Pengabdian 8 tahun, 16 tahun dan 20 tahun kepada prajurit Lanal Banjarmasin.
Turut hadir para purnawirawan TNI Angkatan Laut serta pelajar sekolah binaan Lanal Banjarmasin seperti SMK Pelayaran Arung Samudra Banjarmasin dan Pramuka Saka Bahari Lanal Banjarmasin.

Sebelumnya dalam rangkaian menyambut HUT TNI AL yang diperingati setiap tanggal 10 September, Lanal Banjarmasin juga telah melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti bhakti kesehatan donor darah, pemberian tali asih untuk purnawirawan serta ziarah ke Makam Pahlawan Brigjen H Hasan Basry.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018