Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Seiring meningkatnya prestasi Olahraga di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan, Cabang Olahraga ini ternyata masih terseok-seok prestasinya yakni Cabang Senam.

Pengurus Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Acep Munawar di Amuntai, Kamis mengatakan, pengembangan cabang olahraga (cabor) Senam kurang maksimal karena masih kurangnya fasilitas berlatih Atlet.

"Kalau bisa setiap tahun ada pengadaan alat untuk latihan senam sehingga para Atlet bisa mengembangkan kemampuannya," ujar Acep.

Acep mengatakan, sebagaimana cabor lain yang sudah meraih prestasi, pembinaan Cabor Senam perlu keseriusan. Apalagi pengembangan Cabor Senam tidak hanya mengandalkan fasilitas tapi juga bakat dari Atlet.

Pada Pekan Olahraga Pelajar, kata Acep, Cabor Senam hanya mampu meraih Medali Perak dan Perunggu.

Maka upaya mencari bibit pesenam di HSU dilakukan. Belum lama ini Persani Kabupaten HSU menggelar Lomba Senam Artistik antar pelajar dengan menggelar lima jenis senam yang diperkombakan yakni Senam Lantai, Kuda Pelana, Meja Lompat, Palang Sejajar dan Serba Bisa.

Ternyata peserta yang ikut perlombaan melebihi yang diperkirakan yakni dari 13 orang ternyata 19 orang yang mendaftar.

"Berarti minat dan antusias pelajar di HSU cukup besar terhadap Cabang Olahraga Senam Artistik," kata Acep.

Pengurus Persani Kalimantan Selatan  Kahar Muzakir yang menghadiri Pembukaan Lomba Senam Arstistik kemaren mengakui jika pengembangan Cabor Senam di berbagai kabupaten /kota masih terkendala minimnya fasilitas berlatih bagi Atlet.
 
"Kita berharap perhatian dari Pemerintah dan suatu saat Cabang Olahraga Senam Kalsel bisa berbicara di tingkat Nasional," kata Kahar.
 
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten HSU H.Barkati mengatakan Kepengurusan Persani HSU baru aktif pada dua tahun terakhir.
 
"Kepengerusan baru dengan orang yang baru sehingga belum terbina atlet yg bagus dan InsyaAllah masa yg akan datang mulai baik," katanya.

Barkati menambahkan, peralatan latihan senam bagi Atlet sudah diadakan tetapi belum lengkap karena banyaknya jenis peralatan yang dibutuhkan, namun untuk tempat latihan sudah cukup bagus.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018