Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mendukung penuh pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 103 Tahun 2018 dengan mengalokasikan dana sebesar Rp 1.705.655.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal itu dinyatakan langsung oleh Plt Bupati HST H A Chairasnyah disela-sela Rapat Koordinasi Teknis TMMD di Jakarta, Selasa (28/8) bersama-sama Ketua DPRD HST, Dandim 1002 Barabai dan Kepala Dinas PMD HST.

Menurut Chairansyah, sesuai rencana TMMD di HST akan dilaksanakan di Desa Awang Kecamatan Batang Alai Utara dari tanggal 16 Oktober sampai dengan 14 Nopember 2018.

Untuk itu, Dia mengharapkan dukungan semua komponen masyarakat untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan TMMD guna kemajuan desanya dengan pembangunan berbagai hal.

Sementara itu, Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Nur Rohman  Zein menyebutkan bahwa  tema TMMD  tahun ini yaitu "TNI Manunggal Rakyat  dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis".

"Semoga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak, khususnya warga di Kecamatan Batang Alai Utara," katanya.

Direncanakan akan ada Dua jenis kegiatan TMMD yaitu jenis kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik yang akan dikerjakan adalah pembuatan siring jalan dengan panjang sekitar 4,2 km, pengerasan jalan (non aspal) sepanjang 2,1 km dengan lebar 5 meter serta pemasangan gorong-gorong sebanyak 6 buah.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik yaitu penyuluhan pertanian dan perkebunan, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, penyuluhan hukum, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan sosial dan paham radikal.

Selanjutnya yaitu penyuluhan UU lalu lintas, ceramah agama, penyuluhan KB dan kesehatan lingkungan serta Kampanye militer tentang penerimaan prajurit TNI.

Pelaksana yaitu Pemkab HST, Kodim 1002 Barabai, Yonif 621 Manuntung, Korem 101 Antasari, Yon Zipur 8/GM dan Denkesyah Banjarmasin.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018