Barabai, (Antaranews Kalsel) - Para pelajar dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diberikan semangat agar berwirausaha pada seminar motivasi Nasional yang berlangsung di Gedung Olahraga Barabai, Jum'at (17/8).

Seminar tersebut dilaksanakan oleh organisasi Wirausaha muda nusantara Indonesia (wimnus) dengan tema "winning in disruptive era" dengan menghadirkan seorang trainer dan motivator muda nomor satu Indonesia (versi Majalah Peluang) yaitu Mr Syafii Effendi.

Ketua panitia Tengku Ahmad menyampaikan peserta merupakan para pelajar SMA, MA, SMK dan mahasiswa yang tersebar di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten HST dengan jumlah peserta sekitar 800 orang.

Menurutnya dikalangan pemuda saat ini sangat minim rasa mandiri yang kebanyakan masih bergantung pada orang lain, sehingga jiwa wirausahawan juga masih minim. 

Sedangkan untuk menjadi wirausaha dibutuhkan sikap mental yang berani dengan perhitungan yang matang untuk membantu keberhasilan dan mampu bersaing dalam ekonomi global.

Mewakili Bupati HST yaitu Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pandiansyah mengapresiasi dengan digelarnya seminar itu karena para pelajar akan dididik dan dimotivasi tentang kewirausahaan sehingga diharapkan terwujudnya pemuda mandiri berbasis ekonomi di Bumi Murakata.

Kondisi anak muda dan dunia saat ini memasuki era disruptive, dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghadirkan berbagai kemudahan dan keterbukaan, hal ini menjadi ancaman pemuda jika mereka tidak siap secara mental. oleh karenanya, sangatlah penting kemandirian ditanamkan sejak dini.

"Setelah mengikuti seminar ini, nantinya setelah lulus sekolah anak-anakku semua akan kokoh, mandiri dan kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi dan membaca setiap peluang-peluang yang ada untuk berwirausaha," katanya.

Trainer Mr syafii Effendi menuturkan jika generasi milenial memiliki potensi besar untuk sukses pada usia muda. Kesuksesan generasi milenial akan berdampak pada perekonomian bangsa. Anak muda memeliki 70-80 persen dalam kekuatan perekonomian, politik dan budaya di negeri ini.

"Kekuatan pemuda saat ini harus diimbangi dengan pola mindset yang benar. Mindset harus diubah untuk mewujudkan pemuda yang mandiri dan sukses di usia muda," katanya.
 
Para pelajar dan mahasiswa yang mengikuti seminar kewirausahaan di Kabupaten HSt (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018