Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Jalan sehat 5 Kilometer yang digelar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berlangsung meriah dengan diikuti ribuan peserta yang memperebutkan ratusan doorprize hingga hadiah utama dua unit sepeda motor.

Mengambil lokasi start dan finish di Siring Nol Kilometer Jalan Jenderal Sudirman, peserta dilepas Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dengan didampingi Direktur Keuangan Perum Bulog Triana serta Direktur SDM dan Umum PT Timah Tbk Muhammad Rizki pada Minggu (19/8) pagi.

"Kami berterima kasih Program BUMN hadir untuk Negeri yang menggelar event jalan sehat, tentu semangat berolahraga juga ada di Banjarmasin seiring Asian Games yang kini tengah berlangsung di Indonesia," tutur Ibnu Sina.
Sementara Triana mengaku jika jalan sehat merupakan event tahunan BUMN untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Jadi BUMN bersama masyarakat Kalsel hari ini sama-sama merayakan HUT ke-73 Kemerdekaan RI. Kebetulan yang ditunjuk untuk pelaksanaan BUMN hadir untuk Negeri di Kalsel adalah Perum Bulog dan PT Timah Tbk," kata Triana.

Rangkaian pelaksanaan Program BUMN hadir untuk Negeri di Kalsel pun telah digelar menyambut momentum Hari Kemerdekaan. Diantaranya ada 10 kegiatan baik bersifat sosial maupun pembangunan fisik. Seperti beasiswa kepada pelajar, pembangunan sarana prasarana umum, taman bacaan, pasar murah dan padat karya tunai.

"Pada Upacara Kemerdekaan 17 Agustus tadi secara simbolis kami serahkan bantuannya seperti penyediaan sarana prasarana sekolah, beasiswa bagi pelajar tingkat Sekolah Dasar hingga Menengah, penyediaan sarana air bersih, elektrifikasi, pembuatan MCK (Mandi Cuci Kakus), rehab rumah karyawan dan masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan sarana prasarana umum," paparnya 
Selain itu, tahun ini Perum Bulog dan PT Timah juga ditunjuk sebagai penyelenggara Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 untuk siswa asal Provinsi Banten dan Kalsel yang masing-masing daerah 23 siswa bertukar kunjungan selama 7 hari.

"Kegiatan ini berlangsung serentak di seluruh provinsi di nusantara. Kebetulan untuk seluruh rangkaian pelaksanaan di Kalsel, Perum Bulog dan PT Timah Tbk yang ditunjuk tentu dibantu juga teman-teman BUMN lainnya di Kalsel," jelas Triana.

Sedangkan Muhammad Rizki mengapresiasi antusiasme masyarakat yang begitu tinggi setiap tahunnya kala event jalan sehat digelar BUMN. 

"Tentu BUMN hadir untuk Negeri adalah bentuk fisik nyata kita ada untuk masyarakat dan membantu bagi mereka yang membutuhkan," ucapnya.
Rizki juga menyinggung beras kemasan sachet dari Perum Bulog yang dibagikan sebagai souvenir peserta yang menurutnya kini tengah digalakkan untuk membantu keterjangkauan keberadaan beras.

"Jadi 'Beraskita Premium' kemasan 200 gram seharga Rp 2.500 ini untuk porsi nasi tiga piring tentu bagi masyarakat menengah ke bawah sangat terbantu. Apalagi ini beras lokal premium yang dijamin kualitasnya terbaik," katanya menekankan.
Pada event jalan sehat dengan media partner LKBN Antara Biro Kalimantan Selatan tersebut, juga tergelar stand UMKM serta pesta kuliner rakyat yang dibagikan secara gratis oleh sejumlah BUMN yang turut berpartisipasi. 

Ada juga pemilihan tiga kostum peserta terunik dan selama kegiatan dihibur penampilan grup band Big Boss. Tentu doorprize yang begitu banyak menjadi harapan peserta yang beruntung mendapatkannya. Tercatat ada sepeda motor, sepeda gunung, televisi, kulkas, mesin cuci hingga ratusan hadiah menarik lainnya dibagikan di akhir acara.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018