Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ikatan Wanita Pengusaham Indonesia (IWAPI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) gelar pasar murah, bazaar dan fasion show  di halaman Balai Rakyat Barabai,  sebagai upaya untuk memperkenalkan kepengurusan baru sekaligus membantu masyarakat.

Pembukaan yang dihadiri oleh ketua DPRD HST H Saban Effendy dan Kepala Dinas Perdagangan, Pasar dan UMKM HST, perwakilan Kodim 1002 Barabai, Polres HST serta seluruh pengurus IWAPI HST yang berjumlah 32 orang dilaksanakan Jumat (17/8).

Ketua Pelaksana Hj Arida Supinah menyampaikan kegiatan tersebut juga dalam rangka memeriahkan HUT ke 73 RI dengan tujuan untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam menumbuhkembangkan ekonomi keluarga.

Disamping itu juga mendorong wanita-wanita di Bumi Murakata agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya, baik UMKM maupun industri rumah tangga dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kesatuan bangsa melalui perlombaan fashion show.

"Tema yang kami angkat yaitu dengan semangat kemerdekaan, kita tingkatkan kesejahteraan wanita di Kabupaten HST. Kegiatan juga akan bersangsung selama Dua hari dari tanggal 17-18 Agustus 2018," katanya.

Adapun barang yang disediakan di pasar murah adalah berupa beras, guna, minyak goreng dan mie instan. Sedangkan untuk bazaar menyediakan berbagai jenis dagangan baik barang maupun kuliner yang ada di barabai.
 
Penijauan bazaar dan pasar murah oleh Ketua DPRD HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Ketua IWAPI HST Lita Anggreani juga menjelaskan tentang peran dan fungsi IWAPI yang terbentuk untuk melaksanakan kegiatan organisasi wanita khususnya di bidang usaha yang mayoritas anggotanya adalah pengusaha kecil dan menengah.

"Pengurus IWAPI berusaha bersinergi dengan Pemerintah daerah untuk memajukan perekonomian warga melalui peningkatan UMKM, industri rumah tangga dan sebagainya," katanya.

Dia berharap dengan lahirnya IWAPI di HST memberikan nuansa baru dan semangat bagi pengusaha kecil dan menengah demi penguatan perekonomian khususnya di Bumi Murakata.

"Meskipun kami terbilang baru dilantik, tetapi kami berusaha membantu wanita-wanita pengusaha kecil dan menengah untuk mengembangkan kemampuan mereka dan ke depan kita juga akan melaksanakan beberapa kegiatan seperti pelatihan keterampilan, manajemen dan usaha mengembangkan bisnis," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018