Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ratusan warga lakukan senam gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Lapangan Pelajar Barabai yang juga diikuti juga Plt Bupati HST H A Chairansyah dengan mengajak untuk bersama-sama berperilaku hidup sehat dalam rutinitas sehari-hari, Rabu (15/8).

Menurut Chairansyah saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan serius berupa beban ganda penyakit. Perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit.

Oleh karena itu, Germas menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat. Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Tentunya pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian," katanya.

Diterangkannya, Germas di Kabupaten HST telah dicanangkan pada tanggal 13 Nopember 2017 yang lalu dan implementasinya pemerintah daerah juga menerbitkan Perbub terkait pedoman Germas serta pembentukan forum Germas di HST.

"Saya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pada hari ini, karena dalam rangka mengenalkan, mengajak dan menumbuhkan gaya hidup sehat kepada masyarakat.

 Maka perlu melakukan kegiatan bersama yang melibatkan masyarakat mempraktekkan gaya hidup sehat seperti aktivitas fisik, pemeriksaan kesehatan dan lain-lain dalam bentuk penggerakan massa.

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan masyarakat dan keluarga mandiri dalam mempraktekkan hidup sehat sehingga terjadi penguatan pada sisi promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan risiko penyakit).

"kita menginginkan semua program Germas ini berjalan dengan baik, maka jumlah yang sakit dan memerlukan upaya kuratif dan rehabilitatif akan bisa menurun," kata Plt Bupati.

Bahwasanya untuk menyukseskan Germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, oleh karena itu Chairansyah mengajak untuk bersama-sama membudayakan hidup sehat.

"Mari kita sama-sama memberikan dukungan, komitmen dan peran sertanya dalam bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat kepada masyarakat khususnya di Bumi Murakata yang sama-sama kita cintai ini," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018