Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa, Jaringan dan Komunikasi BMKG Widada Sulistya mengatakan, Sekolah Lapang Iklim membantu peningkatan produktivitas pertanian yang diusahakan petani.

"Sekolah Lapang Iklim membantu petani meningkatkan produktivitas pertanian 10 hingga 30 persen," ujar dia di Kota Banjarbaru, Kalsel usai membuka SLI yang diselenggarakan BMKG Staklim Banjarbaru. 

Menurut dia, peserta SLI yang juga Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan-Pengamat Hama Penyakit bisa membantu petani bercocok tanam. 

Dijelaskan Widada didampingi Kepala Pusat IKR BMKG Hanif Andi Nugraha,  peran penyuluh terutama yang pernah mengikuti SLI sangat penting dalam membantu petani menerjemahkan informasi BMKG. 

"Peran penyuluh pertanian sangat penting karena mereka memberikan informasi BMKG tentang iklim dan cuaca kepada petani sehingga bisa menanam pada waktu yang tepat," ungkapnya.

Ditekankan, penyuluh bukan hanya mengetahui informasi tentang iklim dan cuaca tetapi juga dampaknya sehingga mereka bisa menyarankan tanaman apa yang cocok dan kapan harus ditanam petani. 

"Setiap informasi iklim dan cuaca yang diketahui penyuluh pertanian bisa disampaikan ke petani sekaligus dapat menyarankan tanaman yang cocok dan waktu penanaman yang tepat," ucapnya. 

Diharapkan, melalui pengetahuan yang diberikan kepada peserta SLI, mereka bisa menyebarkan informasi terkait iklim dan cuaca kepada petani lain sehingga tercapai program yang diinginkan pemerintah. 

"SLI merupakan salah satu bentuk dukungan program pemerintah untuk ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi sehingga dipilih penyuluh yang mampu menjalankan tugas tersebut,"ujarnya. 

Kepala Stasiun Klimatologi Banjarbaru Goeroeh Tjiptanto mengatakan, jumlah peserta SLI 35 orang terdiri dari PPL dan Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan Pengamat Hama Penyakit.

"Peserta berasal dari sejumlah daerah di Kalsel dan mengikuti SLI selama tiga hari yang diharapkan bisa membantu petani dalam upaya meningkatkan produktivitas pertaniannya," kata dia.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018