Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Riset dan Teknologi sedang mempersiapkan jurnal elektronik (e-journal) untuk memampang hasil riset ilmiah para ilmuwan dari berbagai institusi yang disebut "Pustaka Jurnal Ilmiah Indonesia".

"Tahun ini juga kita akan launching," kata Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, di sela-sela Konferensi "Infrastruktur Informasi Sains dan Teknologi: Digitalisasi, Open Access, dan Interopabilitas" di Goethe Haus Jakarta, Sabtu.

Dengan e-journal, ujarnya, maka pemaparan hasil riset mudah diakses siapa pun, kapan saja dan di mana saja, serta lebih cepat dan efisien.

"Untuk membuat e-journal ini kami bekerja sama dengan LIPI dengan mengadopsi dan memodifikasi Open Journal System (OJS) Software yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia," katanya.

Ia mengatakan pada 2011 Kemristek juga telah melakukan digitalisasi 1.860 makalah ilmiah bersama LIPI.

Menurut Menristek, institusi yang akan terhubung dengan e-journal ini yakni lembaga-lembaga pemerintah non-kementerian di bawah Kemristek, badan litbang daerah hingga universitas.

Ia berharap, dengan memasukkan semua hasil riset di berbagai institusi riset nasional dan daerah ke dalam bentuk digital, maka penelitian yang dilakukan para ilmuwan tidak akan lagi mengulang-ulang, tumpang-tindih, dan lebih memiliki sasaran yang lebih jelas.

Lebih lanjut Menristek mengatakan, Kemristek telah bekerja sama dengan LIPI meluncurkan perangkat lunak Library Archive, Analysis System (Laras) atau disebut Pustaka Karya Ilmiah Indonesia yang berisi berbagai literatur ilmiah.

(D009)

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012