Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 35 orang pelajar terbaik yang berasal dari SMA/SMK/MA dan sederajat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terpilih menjadi anggota Pasukan pengibar bendera (Paskibra).

Saat proses latihan di Lapangan Dwi Warna Barabai, Rabu (1/8), Koordinator tim pelatih P askibra yang juga Kasatlantas Polres HST AKP A Rochim menyampaikan sebelumnya telah dilakukan seleksi di tingkat kecamatan dan terpilihlah 35 orang ini untuk nantinya bertugas pada upacara 17 Agustus mendatang.

Dia juga mengingatkan agar seluruh anggota Paskibra yang terpilih ini dapat mengikuti latihan dengan baik dan senantiasa mengikuti arahan dari para pelatih sehingga proses ini akan memperoleh hasil yang baik.

"Tentu saja hasil latihan yang utama adalah pelaksanaan tugas pada saat puncak peringatan HUT RI yaitu pengibaran Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus mendatang serta penurunannya pada sore hari," katanya.

Menurutnya disiplin adalah hal yang paling utamadalam pelaksanaan latihan hingga penyelesaian tugas nanti.

Kepada para pelatih, A Rochim juga mengingatkan agar benar-benar memperhatikan kebutuhan anggota, terutama masalah makan dan tak ketinggalan pakaian dan perlengkapan lainnya.

Sementara itu menurut salah seorang tim pelatih Nanang Purnomo mengatakan bahwa pelatih sebanyak lima orang, terdiri dari anggota Polres HST dan anggota TNI dari Kodim 1002 Barabai dan dari Batalyon 621 Manuntung serta dibantu dari anggota Purna Paskibra tahun lalu dan senior lainnya.

"Untuk penganggaran kegiatan, semuanya berasal dari APBD HST yang tercantum dalam DPA Dinas Pemuda dan Olahraga HST termasuk perlengkapan anggota dan pelatih, biaya dan konsumsi latihan dan operasional lainnya," katanya.

Dijelaskannya, tempat latihan sendiri dipusatkan langsung di area kegiatan yaitu seputaran lapangan Dwi Warna dan lingkungan kantor Bupati HST, hal ini agar anggota nantinya tidak canggung lagi pada pelaksanaan kegiatan karena tempatnya sudah familiar.

"Latihan sendiri direncanakan selama 17 hari terhitung sejak tanggal 30 Juli hingga 15 Agustus mendatang," katanya.

Istirahat selama satu hari dan nantinya anggota akan dikarantina di salah satu hotel di HST untuk pemusatan latihan, mengikuti rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan HUT RI dan lain sebagainya.
 

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018