Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Supriyono membuka Pendidikan Pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) untuk pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan ke-73 tingkat Kabupaten Barito Kuala Tahun 2018, Jumat (27/7).


Pembukaan yang berlangsung di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Marabahan ini bertujuan mencari bibit calon anggota pasukan pengibar bendera yang akan dilaksanakan 17 Agustus 2018.

Terdapat 41 peserta calon paskibra  tersebut terdiri 21 putra dan 20 putri berasal dari siswa dan siswi SLTA di 17 kecamatan se-Batola.

Para peserta akan dilatih dari pelatih/instruktur yang berasal dari Kodim 1005 Marabahan empat orang, 10 dari Pemkab Batola dan satu orang tenaga medis dari BNNK Batola.

Selama latihan akan mendapatkan materi pembekalan peraturan baris berbaris dan latihan formasi paskibra, wawasan kebangsaan berupa cinta tanah air dan bela negara, wawasan keagamaan/kerohanian serta pembinaan mental dan disiplin.

Pembukaan Diklat ditandai penyematan serta pemasangan topi kepada peserta oleh Sekdakab Supriyono kepada dua perwakilan putra dan putri.

Supriyono mengatakan, dalam pembinaan calon anggota paskibra, hal yang paling utama adalah pembentukan karakter yang berjiwa merah putih, siap mengabdi dan berbakti bagi bangsa dan negara Indonesia.

Menjadi calon anggota paskibra merupakan kesempatan yang patut disyukuri bersama, karena sebutnya, banyak nilai-nilai positif yang bisa diperoleh dari pelatihan.

Selain kedisiplinan, jelas dia, para calon anggota paskibra juga memperoleh pengalaman terutama dalam bekerjasama secara teamwork dan berkoordinasi dengan peserta lainnya.

“Pendidikan yang kita diberikan merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapan fisik dan mental,” terangnya.

Sekda berpesan, seluruh peserta agar selalu menjaaga kekompakan tim karena dalam latihan diperlukan saling pengertian dan menghargai agar tetap kompak dan berhasil dengan baik.

Para peserta juga dipesankan untuk menjaga kesehatan dan fisik karena dalam latihan peserta akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan dalam baris berbaris.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018