Barabai, (Antaranews Kalsel) - Plt Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah mengajak lapisan masyarakat khususnya para guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Kabupaten HST.

"Peran guru sekarang ini tidak hanya mendidik agar murid menjadi pintar, tetapi bagaimana merubah sikap dan perilaku seorang anak menjadi lebih baik," katanya saat acara Halal bihalal di Birayang, Selasa.

Menurutnya dengan keikhlasan para guru mendidik anak muridnya, pemerintah juga akan terus berkomitmen meningkatkan kesejahteraan para guru baik itu tunjangan maupun yang lainnya.

Namun harus di imbangi dengan tugas dan tanggung jawab para guru dalam mendidik generasi penerus bangsa sehingga usaha pemerintah untuk meningkatkan pendidikan daerah dapat terwujud.

Selanjutnya Chairansyah juga menuturkan bahwa peran guru sangat strategis, selain menciptakan generasi yang cerdas juga mendidik calon penerus bangsa menjadi bermoral, beradab serta berakhlak yang baik.

"Saat ini pendidikan sangat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat kita. Pendidikan juga memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena dengan kecerdasanlah kita mampu bersaing dengan daerah lain," ungkapnya.

Dia juga berharap dengan maksimalnya peran guru dalam mendidik para murid, putra-putra daerah dari HST mampu bersaing tidak hanya ditingkat Provinsi namun sampai ke tingkat nasional maupun internasional.

"Sehingga ada kebanggan tersendiri baik terharap daerah kita, pribadinya maupun guru yang telah berhasil mendidiknya," kata Chairansyah.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018