Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Jumlah penumpang kapal dari Pelabuhan Garonggong, Sulawesi menuju Pelabuhan Samudra Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, hingga saat ini masih terlihat relatif normal.

General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin, Yudhi Yanuar, di Tanah Bumbu Kamis mengatakan, sampai saat ini rata-rata penumpang dari pelabuhan Garonggong Sulawesi-Pelabuhan Samudra Batulicin dan sebaliknya mencapai 180-200 penumpang.

"Kami memprediksi untuk tahun ini tidak akan terjadi lonjakan penumpang pada arus balik lebaran, pasalnya arus balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah bertepatan dengan libur panjang sekolah, sehingga lonjakan penumpang bisa terurai hingga liburan sekolah berahir," kata Yanuar.

Ia menjelaskan, jumlah penumpang yang mencapai 200 orang tersebut masih di bawah dari kapasitas kapal 500 orang, sehingga dari jumlah tersebut masih mampu terlayani dengan satu unit kapal.

Sebenarnya pihak menegemen sudah menyiapkan tambahan trip atau jumlah pelayaran untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang, dari dua trip dalam satu minggu menjadi tiga trip dalam satu minggunya.

Penambahan trip pelayaran tersebut akan di sesuaikan dengan kondisi dilapangan, apabila jumlah penumpang mulai membludak dengan pelayanan dua trip maka akan tiga trip tersebut akan diberlakukan.

Untuk saat ini pihak managemen masih mengunakan pelayanan dua trip pelayaran dalam satu minggu, pasalnya jumlah penumpang yang hanya mencapai 200 dala satu keberangkatan masih bisa terakumudir satu kapal dua trip pelayaran.

Kondisi penumpang di pelabuhan Samudra Batulicin berbeda kondisinya dengan di Peabuhan Fery Batulicin.

Jumlah penumpang tersebut membludak saat pada puncak Hari Raya Idul Fitri setelah memon tersebut kondisi penumpang juga sudah mulai normal kembali.

Dia mengutarakan, kondisi penumpang di daerah sangat berbeda jauh dengan jumlah penumpang yang ada pelabuhan kota-kota bersarseperti di Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak dan yang lain yang mencapai dalam satu harinya jumlah penumpang yang diangkut mencapai ribuan penumpang.

"Kami berkomitmen akan terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, meskipoun jumlah penumpang yang tidak begitu ramai tujuan kami kerjaadalah untuk negeri, menyatukan nusantara untuk pemerataaan ekonomi yang dingencarkan oleh preseiden Joko Widodo," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018