Pelaihari, (Antaranews Kalsel)-Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menggelar  Festival Gema Takbir menyambut 1 Syawal 1439 Hijriah, Kamis (14/6).


Acara berlangsung meriah itu dilepas oleh Pjs Bupati Tanah Laut Achmad Sofiani, di depan Balairung Tuntung Pandang Pelaihari dengan  tandai dengan pemukulan bedug. 

"Peserta Festival Gema Takbir terdiri dari dua kategori yaitu,  kategori instansi dan kategori umum," ujar Ketua Panitia Pelaksana Abdillah.

Menurut dia, peserta takbir keliling itu diikuti sebanyak 24 peserta. 

"Untuk kategori umum ada 17 peserta, sedangkan kategori instansi diikuti tujuh peserta," ucapnya.

Terpisah, Pjs Bupati Tanah Laut Achmad Sofiani  mengatakan, Idul Fitri merupakan hari kemenangan besar bagi umat muslim.

"Hari raya Idul Fitri  hendaknya benar-benar mengembalikan kita sebagai manusia kepada fitrahnya yakni, jiwa yang bersih karena telah dibasuh dengan ibadah fitrah dan saling memaafkan serta berbagi rezeki dengan zakat kepada sesama umat muslim yang membutuhkan,"tegasnya.

Dia berharap,  dengan merayakan Idul Fitri  umat muslim di Kabupaten Tanah Laut menjadi muslim yang taat kepada perintah Allah SWT dan Rasulnya.

Dari hasil penilaian dewan juri  juara 4 festival gema takbir kategori umum diraih Majelis Al Amin Landasan Ulin, juara 3 diraih Kampung Baru, juara 2 diraih Darul Iqamah dari Takisung dan juara 1 diraih Mushala Al Hijrah Pabahanan 

Sedangkan untuk kategori tingkat instansi, juara 4 diraih Kementrian Agama Kabupaten Tanah Laut, juara 3 diraih  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, juara 2 diraih Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut dan  juara 1 diraih RSUD H Boedjasin. 

Hadir di acara tersebutoleh Sekdakab  Tanah Laut H Syahrian Nurdin, Ketua DPRD Tanah Laut  Hariyanto, Forkopimda, para Kepala SKPD lingkup Pemkab Tanah Laut.

Selain itu, juga hadir para Pejabat lingkup Pemkab Tanah Laut, Kepala Kantor Kemenag Tanah Laut Rusbandi, Ketua MUI Kabupaten Tanah Laut KH Syahrani, para alim ulama tokoh agama serta masyarakat. 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018