Banjarmasin, (Antaranees Kalsel) - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi perhubungan akan mengecek persiapan dan kesiapan angkutan lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah di provinsi tersebut.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Supian HK mengemukakan itu di sela-sela berbuka puasa bersama wartawan di kediaman Ketua Dewan Penasihat PWI provinsi setempat, H Taufik Effendie di Jalan Perintis Kemerdekaan Banjarmasin, Sabtu sore.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu mengatakan, pengecekan persiapan dan kesiapan angkutan lebaran 1439 H dengan dua cara yaitu mengundang instansi terkait serta peninjauan lapangan.

"Oleh karenanya kami akan menjadwalkan pertemuan dengan instansi terkait angkutan lebaran tersebut terlebih dahulu," ujar wakil rakyat bergelar sarjana hukum dan mendapat gelar doktor kehormatan itu.

Kemudian menjadwalkan peninjauan lapangan dengan sasaran antara lain Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, serta Bandara Sjamsudin Noor di Kota Banjarbaru.

Sedangkan peninjauan ke terminal induk di Jalan A Yani kilometer enam Banjarmasin, serta terminal regional atau tipe A di Jalan A Yani km17 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar bersifat alternatif.

"Pasalnya angkutan lebaran lewat jalan raya di provinsi kita tidak masalah atau berjalan lancar sebagaimana pengalaman tahun lalu, tak pemudik yang terlantar Terminal Induk Banjarmasin," tuturnya menjawab Antara Kalsel.

"Karenanya pula kami berkeyakinan angkutan lebaran tahun ini di Kalsel berjalan lancar, tidak akan ada pemudik terlantar dengan alasan ketidaan angkutan. Sebab armada angkutan tampaknya cukup tersedia," demikian Supian HK.

Sebelumnya pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel H Rusdiansyah menyatakan, angkutan lebaran 1439 tidak akan nasalah di provinsinya yang terdiri atas 13 kabupaten/kota.

"Namun guna kelancaran angkutan lebaran tersebut, kami akan berkoordinasi denga pihak terkait serta bekerjasama dengan pengusaha/penyedia jasa angkutan umum," lanjut mantan Kepala Dishub Banjarmasin itu.

"Tetapi insya Allah armada angkutan lebaran tahun ini cukup dan tidak masalah sebagaimana tahun lalu, baik untuk angkutan darat, udara dan angkutan laut," demikian Rusdiansyah.

Berbuka puasa bersama di kediaman Taufik yang juga Pemimpin Umum Kalimantan Post itu hadir Komandan Korem 101 Antasari, Wali Kota Banjarmasin, Ketua Persatuan Wartawan indonesia Kalsel, serta organisasi kewartawanan lain, dan sejumlah pemimpin media.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018