Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Banjar Polda Kalimantan Selatan, mengamankan belasan pria yang diduga meminum minuman keras dalam razia cipta kondisi yang digelar, Sabtu malam hingga Ahad dinihari.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Banjar Kompol Ajie Lukman Hidayat di Kota Martapura, Ahad mengatakan, razia yang dilaksanakan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Tujuan razia menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif disamping menekan kejahatan seperti pencurian, peredaran narkoba dan minuman keras termasuk peminumnya," ujar dia.

Ia mengatakan, razia diikuti pejabat utama Polres Banjar yakni Kabag Ops Kompol Puryanto, Kasat Intelkam AKP Mei Rudi, Kasat Sabhara AKP Slamet HW serta Kapolsek Kertak Hanyar Ipda Joni Arif.

Adapun hasil razia yang dilaksanakan di Mapolsek Kertak Hanyar sejak Sabtu pukul 22.00 Wita hingga Ahad pukul 01.30 Wita itu, sebanyak 15 peminum minuman keras diamankan.

Disebutkan, belasan orang peminum minuman keras itu terdiri dari 9 orang mengonsumsi minuman keras oplosan dan enam orang meminum minumen keras bermerk tertentu.

"Mereka diamankan karena diduga meminum minuman keras dan tidak diproses lebih lanjut tetapi diberikan pembinaan serta pengarahan agar tidak mengulangi perbuatannya," ucapnya.

Menurut dia, selain mengamankan belasan orang itu, pihaknya dalam razia lalu lintas di tempat itu juga menindak 66 pelanggar yang tidak melengkapi surat menyurat kendaraan.

Disebutkan, tindakan langsung yang disertai surat bukti pelanggaran (tilang) dan menyita barang bukti 41 lembar STNK, 13 SIM, serta 10 unit kendaraan roda dua dan 2 unit roda empat.

"Razia cipta kondisi juga dilakukan dengan memeriksa surat-menyurat kendaraan pengendara yang melintas untuk mencegah pencurian kendaraan bermotor," ujarnya.

Selain itu, barang bawaan pengendara roda dua diperiksa serta pemeriksaan yang dilakukan petugas di bagian dalam mobil tetapi tidak ditemukan benda-benda berbahaya.

Dikatakan, razia dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi menjelang bulan ramadan sehingga kepolisian melakukan tindakan pencegahan kejahatan untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif

"Kami akan terus melaksanakan giat operasi termasuk di bulan ramadan untuk menciptakan ketenangan dan kekhusu`an terutama bagi umat muslim yang tengah menjalankan ibadah," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018