Barabai, (Antaranews Kalsel) - Batalyon Infanteri 621/Manuntung melalui program kerja karya bakti TNI membangunkan jamban keluarga sehat bagi keluarga yang tidak mampu di berbagai Desa wilayah Banua Anam

Wakil Komandan Batalyon Infanteri 621/Manuntung selaku Ka Korum Mayor Inf Saiful Rizal, Rabu (2/5) di Barabai menerangkan program tersebut merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah daerah dalam mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman dan sehat.

"Setelah berkoordinasi mengenai siapa yang berhak dibuatkan jamban keluarga sehat dengan instansi terkait seperti Babinsa Satkowil setempat, Pembakal, Puskesmas maka kami langsung bergerak cepat dalam pembuatan jamban keluarga sehat tersebut," katanya.

Menurutnya adapun sasaran utama yang buatkan jamban adalam keluarga yang tidak mampu di Tiga daerah yaitu Barabai, Tanjung dan Kandangan.

Salah satu masyarakat Desa Kahakan, kabupaten HST Harli mengungkapkan sangat berterima kasih sekali atas program tersebut yang alhamdulillah sekarang warga sekitar tidak perlu lagi pergi ke sungai ketika buang air besar.

"Terkadang sebelum ada WC buatan dari TNI kebiasan masyarakat adalah buang air di sungai yang jelas mencemari sungai dan jika malam ada kekwatiran serta rasa takut," katanya.

Menurutnya dengan adanya program ini paling tidak mengurangi hal tersebut dan semoga kebiasaan ini dapat dihilangkan.

Warga kota Tanjung Kabupaten Tabalong Amoy juga mengungkapkan sangat senang dengan program itu, dikarenakan sudah lama ingin mempunyai jamban yang kalau membuat sendiri biayanya sangat mahal dan bisa mencapai Rp2 lebih.

"Saya sangat terima kasih sekali kepada TNI kususnya Batalyon Infanteri 621/Manuntung yang sudah membuatkan jamban keluarga sehat buat kami," ungkap Amoy.

Terima kasih juga dilontarkan Suriady selaku masyarakat Kandangan Kabupaten HSS yang berharap semoga program ini dapat terus berjalan sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapatkan jamban keluarga sehat.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018