Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mencanangkan gerakan TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Nasional 2018 di Kabupaten Hulu Sungai Utara.
 
Panglima TNI Hadi Tjahjanto di Amuntai Selasa mengatakan, TMKK KB Kesehatan sebagai salah satu upaya dan kontribusi serta TNI serta BKKBN dalam membangun kependudukan Indonesia agar seimbang dengan daya dukung yang tersedia.
 
"Tujuh belas tahun lagi jumlah penduduk Indonesia mencapai 300 jiwa lebih, kita harus mengantisipasi dan menyiapkan daya dukung agar di 2035 bisa memanfaatkan bonus demografi," ujar Hadi Tjahjanto.
 
Panglima TNI berterima kasih kepada Pemprov Kalsel dan Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU) yang sudah melaksanakan Pencanangan TMKK tingkat Nasional 2018 sehingga terlaksana dengan baik.
 
Terima kasih juga disematkan Hadi kepada jajaran TNI yang telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan untuk mendukung pembangunan sektor kependudukan dan keluarga berencana.
 
Bupati HSU Abdul Wahid juga berterima kasih atas kepercayaan TNI bersama Pemprov Kalsel yang menjadikan HSU sebagai tuan rumah Pencanangan TMKK tingkat Nasional.
 
"Suatu kebanggan dan kehormatan karena Kabupaten Hulu Sungai Utara bisa dipilih menjadi tuan rumah Pencanangan TMKK tingkat Nasional," kata Wahid.
 
Wahid mengaku tidak menduga bahwa upaya bidang KB dan Kesehatan didaerahnya mampu menurunkan kasus kekerdilan atau Stunting dari 59 % di 2013 menjadi 31 persen diakhir 2017.
 
Wahid berjanji meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi bagi 1000 hari kehidupan pertama guna menyiapkan kualitas sumber daya manusia yang prima secara kecerdasan, pertumbuhan dan daya tahan.
 
Panglima TNI tiba di Kota Amuntai menggunakan Helipad yang mendarat di Lapangan Stadiun Karias Amuntai, kemudian beristirahat sejenak di Mess Negara Dipa kemudian menuju Lapangan Pahlawan Amuntai yang menjadi lokasi kegiatan Pencanangan TMKK sekaligus dirangkai memperingati Hari Jadi Kabupaten HSU ke 66.
 
Pencanangan TMKK oleh Panglima TNI dan Plt BKKBN Pusat Sigit Priohutomo ditandai melalui pemukulan beduk secara bersama-sama dengan Gubernur Kalsel, Bupati HSU dan sejumlah pejabat TNI serta pelepasan balon keudara.
 
Acara dilanjutkan penandatangan prasasti berbagai proyek pembangunan dibidang kependudukan dan KB di Kabupaten HSU oleh Panglima TNI, Plt Kepala BKKBN Pusat, Gubernur Kalsel dan Bupati HSU.
 
Panglima TNI bersama Iateri Ny.Nanik Hadi Tjahjanto juga secara simbolis menyerahkan bantuan sosial untuk warga kurang mampu, jompo dan anak Panti Asuhan.
 
Sesuai acara Pencanangan Panglima TNI dan rombongan meninjau kegiatan Bakti sosial yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Empu Jatmika Amuntai dilanjutkan membuka Pameran Hari Jadi.
 
Kegiatan bakti sosial pengobatan masal, operasi Katarak dan bibir sumbing di Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai dalam rangka TMKK juga mendapat peninjauan dari Panglima TNI.
 
Kegiatan berlanjut ke Desa Simpang Empat Kecamatan Amuntai Selatan yang merupakan salah satu Kampung KB diantaranya kegiatan Panglima TNI adalah meresmikan posyandu, PAUD dan berdialog dengan masyarakat.
 
Sebelum berangat kembali ke Kota Banjarbaru Panglima TNI sempat bertemu dan berbincang dengan Ulama Kharismatik KH Asmuni atau Guru Danau di Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HSU.

Pencanangan TMKK yang dirangkai Peringatan Hari Jadi Kabupaten HSU ke 66 ini rencana semula dihadiri oleh Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang akhirnya batal berhadir.
 
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018