Balai Latihan Kerja (BLK) Internasional Serang Provinsi Banten siap membantu Kalimantan Selatan.



Kesiapan tersebut dinyatakan pimpinan BLK Internasional Serang, ungkap H Abdul Munasib Halike, anggota Komisi IV bidang kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), di Banjarmasin, Kamis.

"Ketika kami dari Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi ketenagakerjaan berkunjung ke BLK Internasional Serang, pimpinannya menyatakan, siap membantu kita," lanjut politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tersebut.

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel itu, menerangkan, bantuan dari BLK Internasional Serang tersebut berupa pelatihan instruktur/pelatih BLK Banjarbaru, secara gratis.

"Peluang itu akan kami bicara dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel, guna peningkatan pengetahuan dan teknologi, serta keterampilan dan keahlian pelatih BLK Banjarbaru," tuturnya didampingi rekannya sesama anggota Komisi IV Candera Kusuma dari Partai Demokrat.

"Karena dari pembicaraan mereka, kita mungkin cuma menyediakan uang saku bagi yang mengikuti pelatihan di BLK Internasional Serang tersebut. Sayang bagi kita tidak memanfaatkan peluang itu," demikian Munasib.

Sementara itu, Candera Kusuma, anggota Komisi IV DPRD Kalsel, menambahkan, ada beberapa keunggulan dari BLK Internasional Serang tersebut, antara lain infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

"Mungkin karena berstatus internasional, sehingga infrastruktur pada BLK di Serang Banten tersebut modern dan canggih, serta pembiayaannya pun banyak dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," ungkap anggota termuda DPRD Kalsel itu.

Begitu pula SDM BLK Internasional Serang nampaknya cukup handal, baik dari segi kuantitas maupun kualitas, sehingga mereka tidak salah jika menawarkan pelatihan gratis bagi pelatih/instruktur BLK dari berbagai provinsi se Indonesia, termasuk Kalsel.

Karenanya, senada dengan rekannya sesama wakil rakyat Kalsel, politisi muda Partai Demokrat yang masih lajang tersebut juga berharap, Pemprovnya agar menangkap peluang atau tawaran pimpinan BLK Internasional Serang itu.

  Kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kalsel yang diketuai Habib Ali Khaidir Al Kaff dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ke Prov Banten tersebut, 6 - 8 Mei 2012. /shn/D

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012