Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan memfokuskan peningkatan semangat berkoperasi masyarakat setempat.

"Fokus pembinaan adalah meningkatkan semangat berkoperasi masyarakat terutama generasi muda dan wanita," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banjar Masruri di Martapura, Senin.

Ia mengatakan, selain meningkatkan semangat berkoperasi di kalangan masyarakat, pihaknya juga berupaya meningkatkan kerja sama dan bersinergi dengan BUMN/BUMD dalam upaya penguatan bidang permodalan.

Kemudian, terus mendorong gerakan koperasi mewujudkan visi misi mensejahterakan anggota dan masyarakat, di samping menyiapkan diri sebagai kabupaten penggerak Koperasi pada 2014.

"Kami juga melakukan pendataan UMKM yang lengkap mencakup permasalahan baik permodalan, keterampilan, manajemen, dan promosi sehingga pemkab dapat mengambil kebijakan yang memihak kepada pelaku usaha," ungkapnya.

Dikatakan, sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Banjar nomor 3 Tahun 2012 Dinas Koperasi dan UMKM mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemda berdasar asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang koperasi dan UMKM.

Urusan dan tugas pembantuan meliputi pembinaan kelembagaan, usaha, pengembangan sumber daya manusia, kemitraan dan promosi koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah.

Visinya adalah mewujudkan koperasi dan UMKM yang maju, tangguh dan berdaya saing sebagai pelaku ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Kabupaten Banjar.

Sedangkan misi adalah mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan koperasi dan UMKM, pemberdayaan yang mandiri dan berkualitas serta menyelenggarakan kegiatan kesekretariatan secara lancar, tertib dan teratur.

"Visi dan misi itu direalisasikan pada program dan kegiatan bidang-bidang koperasi dan UMKM yakni bidang kelembagaan, bina usaha dan pengembangan SDM serta bidang kemitraan dan promosi koperasi," katanya. /zal/
C




 

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012