Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Imam Fahrullazi mengatakan akan melakukan percepatan pembangunan trase kereta api di wilayah ini.
     
"Upaya percepatan pembangunan trase jalur kereta api dengan menuntaskan proses pembebasan lahan," jelas Imam di Tanjung, Senin.
   
Hal ini sesuai hasil kesepakatan antara  Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota dan Pemprov  Kalimantan Selatan.
     
Imam menyampaikan beberapa kesepakatan lain untuk mempercepat pembangunan trase KA antara lain membuat rekomendasi terkait kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)  di masing - masing daerah.
     
Termasuk membuat surat soal  sarana dan prasarana perkeretaapian sebagai program strategis Nasional serta menyiapkan skema pendanaannya.
     
"Realisasi pembangunan kereta api  jadi cukup mendesak mengingat makin banyaknya mobil yang berdampak pada kemacetan," jelas Imam.
   
Selain itu sejumlah ruas jalan belum bisa ditingkatkan kualitasnya dari klas III menjadi klas II. Jalur kereta api yang akan dibangun  dimulai dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju Kabupaten Tabalong melintasi sejumlah kabupaten/kota.
   
Masing - masing Kabupaten Banjar meliputi Martapura dan Simpang Empat Pengaron, Tapin,   Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Tabalong.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018