Marabahan, (Antaranews Kalsel)-  Secara aklamasi  anggota DPRD Barito Kuala, Kalimantan Selatan Saleh kembali dipercaya menakhodai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan  masa bakti 2018-2022, dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI  diikuti 27 perwakilan cabang olahraga, di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola, Sabtu (31/3).


Saleh  mengucapkan,  terima kasih kepada peserta yang telah mempercayainya menahkodai KONI Batola kembali.

Dia mengajak,  kerjasama dan dukungan semua pihak nantinya dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga daerah.

Saat pembukaan Musorkab, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui Sekda Supriyono mengharapkan seluruh pengurus terpilih agar memiliki integritas tinggi dengan menunjukan kinerja yang baik serta mampu bersinergi dibarengi kebersamaan guna mencapai tujuan organisasi.

KONI Batola juga diharapkan dapat melakukan perubahan serta inovasi dalam pembinaan para atlet muda berbakat dan berpotensi agar mampu meraih prestasi gemilang terutama dalam rangka persiapan menghadapi even akbar Porprov XI Tahun 2021.

Untuk itu bupati berharap, dalam persiapan menghadapi porprov nantinya para pengurus KONI maupun seluruh pencab dapat memberikan yang terbaik bagi daerah.

“Berikanlah kesempatan dan kepercayaan kepada atlet-atlet lokal terutama yang masih muda berbakat agar bisa menambah wawasan dan pengalaman mereka dalam menghadapi pertandingan sesungguhnya,” ajaknya.

Hal itu, lanjutnya, akan sangat baik dalam pembinaan guna mencapai peningkatan kemampuan dan teknik bertanding serta sikap mental yang diharapkan dapat menorehkan prestasi menggembirakan dan mengharumkan nama daerah.

Ketua Umum KONI Kalsel Bambang Heri Purnomo melalui Wakil Ketua Bidang Organisasi Syarifuddin mengatakan, menyambut baik dilaksanakan Musorkab KONI Batola.

KONI Kalsel menilai, Musorkab yang diselenggarkan kali ini sangat strategis karena waktunya berdekatan dengan pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua.

Syarifuddin mengatakan, untuk persiapan PON XX di Papua, KONI Kalsel telah melakukan seleksi antara lain melakukan tes kesehatan, psikotes, dan fisik terhadap para atlet yang akan dibina agar handal dan mampu memperoleh medali emas di PON nantinya.

Berkaitan Musorkab KONI, Ketua KONI Kalsel mengharapkan,  Ketua KONI Batola terpilih hendaknya memahami tugas dan tanggungjawab dalam pembinaan olahraga serta tidak bertentangan dengan AD/ART KONI.

Lebih spesifik lagi, tegas dia,  tidak bertentangan dengan UU No .3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional serta PP No.16/2007 tentang Penyelenggaraan Olahraga yang merupakan payung hukum dalam pembinaan olahraga.  

Dikesempatan itu Musorkab KONI Batola ini, Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Kalsel Syarifuddin memohon doa para pengurus KONI Batola agar Kalsel berhasil menjadi tuan rumah PON XXI.

Saat ini, sebut Syarifuddin, KONI Kalsel telah melakukan loby ke berbagai KONI provinsi lainnya supaya mendukung Kalsel untuk bisa menjadi tuan rumah.

“Kita sudah diverifikasi selama 4 hari oleh Pusat dan hasilnya 85 persen sudah dicek serta dinyatakan sudah memenuhi syarat. Tinggal menyampaikan paparan di hadapan tim penilai,” tandasnya.  

 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018