Rantau, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tapin siap membantu peternak sapi berupa puluhan ekor sapi potong sehingga bisa dikembangbiakan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin di Kota Rantau Senin mengatakan, jumlah sapi potong yang siap diserahkan kepada peternak sebanyak 72 ekor sapi potong yang berumur sekitar dua tahun.

"Jumlah sapi potong yang dibagikan sebanyak 72 ekor berumur sekitar dua tahun dan direncanakan penyerahkan sapi kepada kelompok peternak bulan April 2018," ujarnya.

Ia mengatakan, puluhan sapi potong itu diserahkan kepada 8 kelompok petani ternak yang tersebar di lima kecamatan dan sudah cukup lama menjadi kelompok peternak sapi.

Disebutkan, peternak sapi penerima bantuan yakni Kecamatan Salam Babaris dan Kecamatan Bakarangan 1 kelompok, Kecamatan Hatungun, Lokpaikat dan Binuang masing-masing 2 kelompok.

"Setiap kelompok petani menerima sapi potong sebanyak 9 ekor sapi yang berumur sekitar 2 tahun dan diharapkan mereka mampu mengembangbiakannya menjadi lebih banyak lagi," ucapnya.

? ?Dijelaskan, tujuan pemberian sapi potong kepada kelompok peternak sapi adalah sebagai upaya pemerintah untuk membantu mensejahterakan anggota kelompok peternak.

? ? ?Selain itu, melalui bantuan hewan ternak itu, kelompok peternak sapi bisa mengembangbiakan sapinya sehingga semakin meningkatkan perekonomian masyarakat di desa-desa.

"Harapan kami, bantuan sapi potong yang diserahkan pemerintah daerah kepada kelompok peternak bisa lebih meningkatkan kesejahteraan mereka di bidang peternakan," ujarnya.

Sementara itu, hasil pendataan Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, populasi sapi potong yang dipelihara peternak sapi dari berbagai kawasan di kabupaten tersebut mencapai 6.751 ekor.

"Kami menargetkan tahun 2018 populasi sapi potong di seluruh wilayah Kabupaten Tapin bisa meningkat menjadi 6.900 ekor, dan diharapkan jumlahnya lebih banyak dari itu," katanya.

Salah satu peternak sapi Suparman mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya bantuan sapi potong yang diserahkan pemerintah daerah kepada peternak sapi.

"Kami senang karena dipercaya untuk memelihara sapi bantuan pemerintah dan sapi bantuan sebelumnya sudah bertambah dua ekor anak sapi," ujar petani Kecamatan Lokpaikat itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018