Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak sepuluh buah rumah di Desa Mengkaok, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mengalami rusak berat maupun rusak ringan setelah diterjang puting beliung, Jumat dinihari.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Banjar IG Nyoman Yudiana di Martapura, Jumat mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan rumah warga di Kecamatan Pengaron yang terkena musibah itu.

"Kami sudah mendata jumlah warga dan kerusakan rumah mereka akibat angin puting beliung. Bantuan juga sudah disalurkan untuk seluruh korban yang bermukim di satu desa itu," ujarnya.

Disebutkan, empat buah rumah rusak berat karena bagian atapnya berbahan seng maupun multiroof hilang akibat diterbangkan angin sehingga penghuni mengungsi ke rumah tetangganya.

Empat rumah yang rusak berat di Kampung Johar wilayah Desa Mengkaok yakni milik Matsiri dihuni satu kepala keluarga dengan tiga jiwa, Mursidi dihuni 3 jiwa, Salam 5 jiwa dan Matsehi 3 jiwa.

"Rumah yang rusak berat rata-rata karena bagian atapnya hilang terbawa tiupan angin puting beliung dan mereka tinggal sementara di rumah tetangga yang tidak terkena musibah," ucapnya.

Sementara, rumah yang rusak ringan yakni milik Yanto dihuni 5 jiwa, Suhrawi 3 jiwa, Syarifudin 4 jiwa, Hadari 4 jiwa, Rasmadin dapur dan kandang sapi rusak serta Asur 4 jiwa.

"Kerusakan ringan dialami 6 pemilik rumah baik karena sebagian atap atau bangunan lainnya yang rusak terkena kencangnya tiupan angin yang terjadi dinihari itu," ujarnya.

Menurut dia, meski pun rumah yang rusak berat maupun rusak ringan itu juga ditempati beberapa anak kecil, tetapi tidak ada korban jiwa karena mereka berhasil menyelamatkan diri.

"Saat kejadian, orang tua melindungi anak-anaknya sehingga tidak terkena dampak puting beliung. Seluruh korban selamat, tidak ada yang terluka maupun korban jiwa," kata dia.

Ditambahkan, Pemkab Banjar melalui BPBD maupun Dinas Sosial menyalurkan bantuan baik berupa material maupun peralatan yang dibutuhkan masyarakat termasuk bahan makanan.

"Bantuan yang sudah disalurkan baik berupa terpal dan selimut bagi warga yang rumahnya rusak berat termasuk bantuan bahan makanan dan minuman untuk kebutuhan mereka," katanya.

Sebelumnya, puting beliung juga melanda Kabupaten Banjar, Senin (12/2) sehingga menyebabkan puluhan rumah termasuk bangunan madrasah dan plafon masjid mengalami kerusakan.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018