Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menggelar Bursa Inovasi Desa (BIM), di Aula Dinas PMD Batola, Kamis (28/12).

Kadis PMD Batola Dahlan mengatakan, digelarnya kegiatan itu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Terpisah, Bupati Batola Hj Noormiliyani saat membuka kegiatan mengharapkan,  para peserta dapat menjadikan Program Inovasi Desa sebagai bekal ilmu pengetahuan, pengalaman, saling memacu dan memotivasi masyarakat untuk mewujudkan tercapainya peningkatan kinerja.

Selain itu, juga sebagai upaya penyelenggaraan kegiatan, program pemerintahan, pembangunan desa dan memaksimalkan pemanfaatan segenap potensi guna kemajuan pembangunan di desanya masing-masing.


"Dengan berkumpulnya sejumlah desa dalam kegiatan ini,  diharapkan mampu memberikan informasi pokok terkait program inovasi desa secara umum ," katanua.

Selain itu, program pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus, serta menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa,” harapnya.

Disamping itu, isteri mantan Bupati H Hasanuddin Murad berharap, kegiatan juga dapat bermanfaat untuk memperkenalkan inisiatif dan inovasi masyarakat yang berkembang dalam menyelesaikan masalah dan kegiatan pembangunan,.

Kemudian membagi kegiatan inovasi yang telah di dokumentasikan, membangun komitmen replikasi, menjaring inovasi belum terdokumentasi, serta membagi informasi penyedia jasa layanan teknis (PJLT).

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017