Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin akan mengalihkan arus lalu lintas kendaraan di sejumlah ruas jalan di kota setempat saat malam pergantian tahun dari 2017 ke 2018.

"Pengalihan arus lalu lintas kendaraan ini dilakukan karena adanya area 'car free night', saat perayaan malam tahun baru," kata Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo di Banjarmasin, Kamis.

Dia juga mengatakan jalan bebas kendaraan pada malam tahun baru itu diterapkan di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kapten Piere Tendean dan Jembatan Merdeka.

Area pusat Kota Banjarmasin itu diprediksi menjadi titik kumpul masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun pada Minggu (31/12) malam nanti.

"Area 'car free night' itu diberlakukan hingga suasana sudah berangsur sepi, yakni Senin dini hari," kata Wibowo.

Pengalihan arus lalu lintas dari dan keluar Kota Banjarmasin tersebut membuat sejumlah ruas jalan diberlakukan satu arah, diantaranya arah dari Jalan AES Nasution dan dari jembatan Pasar Lama satu arah ke Jalan Kampung Melayu Darat hingga ke luar Jalan Veteran atau menuju Jalan Ahmad Yani.

Kemudian di Jalan H Anang Adenansi?sampai Bundaran Tugu Ikan Kelabau hingga Jalan Lambung Mangkurat diteruskan ke Jalan Pangeran Samudera dan berbelok ke jalan belakang Hotel A dan terus di pertigaan sebelum Jembatan Dewi berbelok ke kanan ke arah Jalan Sudimampir hingga ke Pasar Baru.

"Bagi yang ingin keluar kota, bisa terus naik menuju Jembatan Dewi atau juga Jembatan Sudimampir, sementara yang ingin memutar ke dalam kota bisa terus ke Pasar Baru atau kawasan Pasar Lima," papar Wibowo lagi.

Sedangkan bagi masyarakat yang ingin memasuki area bebas kendaraan pada malam hari, tersedia beberapa titik kantong parkir. Di antaranya Jalan AS Musafa, Jalan Merdeka, Jalan Damai (samping DPRD Kalsel).

Kemudian di depan Balaikota, Simpang Telawang sampai Bundaran Hotel A, depan Masjid Noor Sudimampir, Jalan Bank Rakyat (belakang BCA), Jalan Veteran dari simpang Kampung Gadang sampai Simpang Tempekong serta Jalan tembus Rumah Makan Pondok Bahari atau dekat siring Menara Pandang.

"Kami mengimbau masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun agar tetap waspada dan berhati-hati, termasuk memilih jalan yang sudah kami tetapkan untuk menghindari kemacetan," kata alumni Akpol 2005 itu. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017