Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Seluruh organisasi wanita di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan dalam sepakan terakhir memeriahkan menyambut Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember.


Sejumlah kegiatan dan lomba digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak seperti Lomba Maulid Ad diba'i, peragaan busana kebaya, senam bersama dan lainnya.

Wakil Bupati H. Husairi Abdi di Amuntai, Selasa mengatakan, Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang bersama-sama kaum lelaki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat

"Peringatan Hari Ibu sesungguhnya mengandung makna yang lebih agung dari sekedar romantisme perayaan belaka. Hari Ibu bukan hanya diperuntukkan bagi para ibu dalam arti harfiah saja, melainkan juga untuk seluruh perempuan Indonesia," Ujar Husairi.

Ketua Panitia Pelaksana Hj. Rusmini mengatakan pemberdayaan Perempuan bertujuan untuk mengurangi kekerasan yang berbasis Gender. Pemberdayaan Perempuan bertujuan berguna untuk mengangkat harkat martabat perempuan.

"Melalui Peringatan Hari Ibu kita harapkan kaum perempuan lebih berdaya, melalui pemberdayaan kaum perempuan diharapkan pula semakin berkurang kekerasan terhadap kaum perempuan," Ujar Husairi.

Menghadapi situasi yang disebut
kekerasan terhadap perempuan dan anak, sangat diperlukan kerjasama, gotong royong saling membantu, bahu membahu untuk dapat mencapai hasil yang lebih baik. Berkemauan kuat untuk menghindari, tidak melakukan, dan menghentikan semua bentuk kekerasan dalam ranah publik maupun domestik (rumah tangga).

Dikatakan, setiap tanggal 22 Desember, masyarakat Indonesia memperingati Hari Ibu. Pada hari istimewa itu, orang-orang berlomba memberikan ucapan dan ungkapan cinta pada ibundanya.

Penetapan Hari Ibu, terangnya, awalnya merupakan upaya untuk mengenang dan memaknai kembali peristiwa bersejarah yang menandai tonggak awal gerakan perempuan nasional: Kongres Perempuan Indonesia Pertama yang berlangsung di Yogyakarta, 22-25 Desember 1928.

Peringatan Hari Ibu ke-89 yang bertema Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya. dihadiri Ketua TP PKK HSU Hj. Annisah Rasyidah Wahid. M. Ap , Wakil Ketua PKK Hj. Noorfaizah Husairi, Ketua dan Pengurus Organisasi Wanita dilingkungan Pemerintah Kabupaten HSU.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017