Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pembangunan jalan tol Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu dengan Lumpangi, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan, sepanjang 200 kilometer  masih berlanjut.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum Roy Rizali Anwar, di Batulicin, Jumat mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut mulai dikerjakan pada periode 2016 hingga saat ini  oleh Balai Besar Pelaksana Jalan (BBPJN) Nasional Banjarmasin.

"Dana yang digunakan untuk pembangunan jalan tol tersebut dianggarkan dari APBN dengan usulan Rp100 miliar, namun dana yang baru di cairkan baru mencapai Rp40 miliar,"katanya.

Ia mengatakan, untuk dana Rp40 miliar tersebut masih difokuskan untuk perbaikan lokasi rawan longsor.

Pasalnya dari jalan tol yang dibangun terdapat lima titik yang kondisi tanahnya masih labil dan mudah longsor.

Selain itu dana Rp40 miliar juga difokuskan untuk pengerjaan beberapa jembatan di perbatasan antara Kabupaten Tanah Bumbu dengan HSS yang awalnya terbuat dari kayu sekarang diganti dengan kontruksi baja dan beton.

Dijelaskan, apabila jalan tersebut jadi, maka jarak Batulicin - HSS yang sebelumnya ditempuh selama sembilan jam menjadi tiga jam.

Menurut dia, pembangunan jalan tol tersebut merupakan salah satu infrastruktur yang mendukung pengembangan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) Batulicin, sebagai salah satu dari empat Program Strategis Nasional (PSN) Kalimantan Selatan.

Melalui pembangunan jalan tol, diharapkan akan membuat daerah tersebut berkembang lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Mendukung percepatan pengembangan kawasan industri tersebut maka pemerintah pusat sedang mengusahakan percepatan pembangunan jalan tol  dari Batulicin menuju HSS," katanya. 

Jalan tersebut menghubungkan kawasan industri dengan pusat perdagangan dan pusat ekonomi daerah lainnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017