Paringin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan, harus turun hingga pelosok desa untuk memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan.

Petugas turun langsung ke daerah pelosok yang aksesnya cukup sulit seperti pemukiman dayak meratus. 

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK dan Pemanfaatan Data) Disdukcapil Balangan, Mustofa Kusuma, memastikan sudah bisa melayani administrasi kependudukan proses e-KTP terkait penggantian karena hilang, rusak, pindah, dan perubahan biodata.

"Pelayanan sempat terganggu karena menunggu sinkronisasi data ke pusat. Kini pelayanan penggantian e-KTP karena hilang, rusak, pindah, dan perubahan biodata sudah bisa dilayani langsung oleh Disdukcapil Balangan," ungkapnya.

Data terakhir Disdukcapil Balangan ada 87.564 yang sudah melakukan perekaman. Dari angka itu, 85.531 di antaranya sudah dilakukan pencetakan dan 1.188 sisanya siap dicetak. Sedangkan 602 lainnya juga siap dicetak, namun masih menunggu verifikasi penunggal data dari pusat.

"Kami di Dukcapil Balangan selalu berusaha memaksimalkan pelayanan kependudukan dan yang terpenting semua pelayanan dokumen kependudukan seperti KTP, Akta dan lainnya gratis," sampainya.

Ia juga mengimbau kepada warga yang sudah melakukan perekaman, agar segera memeriksa e-KTP nya di Disdukcapil Balangan, karena hingga kini cukup banyak warga yang belum mengambil e-KTP nya, meskipun sudah lama selesai dan sudah diumumkan di media sosial milik Disdukcapil.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017