Malang, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya menggali potensi wisata selancar dan jet ski di kawasan pantai selatan untuk menarik wisatawan mancanegara maupun domestik.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara di Malang, Senin mengemukakan deretan pantai selatan Malang memiliki keunikan dan cukup potensial untuk pengembangan wisata selancar atau surfing maupun jet ski.

"Dalam rangkaian HUT Kabupaten Malang tahun ini kami memfokuskan seluruh kegiatan di kawasan pantai, termasuk menggelar Exhibition Surfing dan Jet Ski yang dikemas melalui Malang Beach Festival 2017 (MBF)," katanya di Malang, Jawa Timur.

Selain untuk menarik wisatawan, surfing dan jet ski di sejumlah pantai itu juga sebagai penjajakan lokasi latihan bagi atlet amatir Kabupaten Malang. Ke depan, Disbudpar bakal menggelar even surfing dan jet ski di kawasan pantai secara bergilir, bahkan wisatawan juga bisa menikmati olahraga tersebut.

Saat ini, lanjutnya, baru ada beberapa pantai yang sudah terdata cocok untuk lokasi surfing dan jet ski, seperti Pantai Ungapan, Nganteb, Modangan, dan Sendangbiru. Padahal, deretan pantai di kawasan Malang selatan cukup banyak dan beragam, seperti Pantai Bajul Mati, Goa China, Kondangmerak, Ngliyep dan lainnya.

Ia mengakui pihaknya juga terus berupaya mengembangkan dan memopulerkan wisata olahraga (sport tourism) dengan objek pantai yang beragam. "Namun, sebagai penjajakan awal kami mengenalkan Pantai Ungapan karena ombaknya sangat aman untuk para pecinta jet ski maupun surfing pemula," ujarnya.

Menyinggung lokasi surfing dan jet ski bagi atlet profesional, Made mengatakan, sangat mungkin. Oleh karena itu, dalam waktu dekat Disbudpar akan mengundang atlet-atlet jet ski dan surfing profesional dengan harapan, selain bisa melatih atlet amatir (pemula), juga bisa mengenalkan potensi pantai yang ada di daerah itu.

"Kami juga ingin melahirkan atlet-atlet jet ski dan surfing yang andal (berprestasi) dan profesional, sehingga mampu membawa nama baik dan mengharumkan Kabupaten Malang di kancah nasional maupun internasional. Sarana dan prasarana ada, kondisi pantai juga mendukung, jadi wajar jika kami punya keinginan itu," katanya.

Kabupaten Malang memiliki puluhan lokasi wisata pantai, bahkan kabupaten itu dijuluki daerah "Seribu Pantai" karena di sepanjang wilayah selatan Malang berjajar pantai yang cukup indah, namun masih belum terekspose secara luas untuk mendatangkan wisatawan./f

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017