Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, melakukan pengecekan langsung kondisi inftrastruktur pendidikan di sekolah-sekolah di Kecamatan Padang Batung dan Angkinang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) HSS Nordiansyah, di Padang Batung, Jum'at (3/11), mengatakan, selain mencek infrastruktur, Bupati HSS juga melihat secara langsung proses belajar mengajar di sekolah.

"Beberapa sekolah yang dikunjungi di antaranya, SDN Karang Jawa Muka 1, SMPN 1 Padang Batung, SDN Karang Jawa Muka 1, SDN Tabihi, SDN Kambang Basar dan SDN Bakarung Selatan 2 di Kecamatan Angkinang,"katanya.

Dijelaskan dia, dalam kunjungan tersebut, bupati melihat-lihat kondisi fisik sekolah sambil berdialog dengan beberapa dewan guru.

"Bupati menanyakan ketersedian ruang kelas, kantor, toilet, lapangan dan juga jumlah guru dan murid,"katanya.

 Di beberapa sekolah, bupati masih ditemukan ruang kelas yang masih kurang serta ruangan dewan guru yang masih menempel dengan perpustakaan.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, untuk menindak lanjuti temua tersebut, Disdik HSS agar memprogramkan pembanguan ruang kelas baru di sekolah yang masih kekurangan.

Ia memesankan, kepada para dewan guru, agar selalu mengawal anak-anak untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, jangan sampai putus di tengah jalan.

"Terkait anak kurang mampu yang belum terdata dalam Program Indonesia Pintar (PIP), kami meminta kepada para kepala sekolah untuk segera mengikutsertakannya,"katanya.

Selain mengunjungi sekolah, bupati juga sempat singgah di Posyando Kambang Basar, Tabihi, sambil berbincang dengan para ibu-ibu, ia berpesan agar rutin membawa anak-anak ke Posyando untuk kontrol gizi dan kesehatan anak.

Bupati juga menyempatkan diri melayat ke rumah orang tua Sekretaris PGRI  HSS M Birhasani, yang meninggal dunia di Desa Taniran Selatan, serta melayat ke rumah salah seorang warga yang meninggal dunia di Desa Bakarung, Angkinang.

Turut berhadir dalam kunjungan bupati, Kabag Protokol dan Kehumasan Eko Harjidi Putra, Camat Padang Batung H. Akhmad Suriani, dan Camat Angkinang Dian Marliana.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017