Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Kontingen Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi Kalsel X harus puas di peringkat 11 dengan memperoleh 19 medali emas, 21 perak dan 24 Perunggu.

Namun saat penutupan di Tanjung Minggu (15/10) para atlet Hulu Sungai Tengah tersebut berhasil pengumpul medali terbanyak di cabang olahraga atletik dengan perolehan 7 emas, 5 perak dan 1 perunggu.

Menurut Ketua Komite Olaharaga Nasional Indonesia (KONI) HST H Faturrahman Surya menyampaikan perolehan emas di cabang atletik melebihi target yang ditetapkan KONI dengan hanya 4 emas, 3 perak dan 5 perunggu.

"Ke depan pembinaan di cabang atletik akan terus kita tingkatkan karena pendulang emas terbanyak dan beberapa Cabang Olahraga yang tidak kita ikuti seperti dayung dan renang juga akan kita aktifkan," katanya.

Dari 35 Cabang olahraga yang dipertandingkan menurutnya HST hanya mengikuti 23 Cabang dengan perolehan 19 medali emas dapat dikatakan suatu yang sangat luar biasa dan cukup membanggakan dengan anggaran di bawah rata-rata Kabupaten lain.

"Ada juga cabang olahraga yang tidak kami sangka mampu memperoleh medali akhirnya dengan semangat mereka berhasil mendapatkan 3 medali emas yaitu cabang angkat besi," katanya.

Tambahnya lagi, terlepas dari peringkat perolehan medali di Porprov X Kalsel Tabalong tahun 2017 ini, HST mencatat rekor baru dalam sejarah selama mengikuti event olahraga paling bergengsi tingkat Propinsi Kalsel itu.

"HST sebelumnya tidak pernah memperoleh emas lebih dari 10, contohnya perolehan medali pada Porda II tahun 1987 di Kabupaten Banjar  sebanyak 3 emas, di tahun 1991 pada Porda III di Tabalong sebanyak 6 emas, kemudian pada Porda IV tahun 1994 di Banjarmasin sebanyak 9 emas," jelasnya.

Selanjutnya, pada tahun 1999 Porda V di Tanah Laut dibatalkan, tahun 2002 pada Porda VI di Banjarbaru memperoleh 3 emas, Porprov VII di Tapin tahun 2006 sebanyak 2 emas, di Porprov VIII tahun 2010 di Kotabaru memperoleh 6 emas.

"Di Kabupaten Banjar dalam Porprov IX tahun 2013 memperoleh 3 emas, dan pada Porprov X di  Tabalong tahun 2017 ini kontingen HST memperoleh 19 emas, 21 perak, dan 24 perunggu," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017