Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pendaftar Ujian Nasional (UN) Gelombang II tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, sebanyak 53 orang, bahkan ada di antara mereka yang mengaku kuliah di salah satu perguruan tinggi daerah setempat.

"Dibanding tahun lalu, ada peningkatan. Pada tahun lalu jumlah peserta 37 orang," kata petugas pendaftaran UN Irwin Noor di Kotabaru, Senin.

Sebelumnya, pendaftaran dipusatkan di SMK Negeri 1 Kotabaru dan berlangsung selama sepekan, mulai 18 hingga 23 September 2017.

Meski ada peningkatan jumlah, peserta didominasi dari SMKN 1 Kotabaru. Sisanya dari SMA dan SMK lainnya yang ada di ibu kota kabupaten.

"Padahal, sosialisasi sudah dilakukan melalui berbagai media ke seluruh sekolah di kecamatan," kata Irwin yang juga tim "helpdesk" UN Gelombang II Kabupaten Kotabaru.

UN Gelombang II diperuntukkan peserta UN 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 yang belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan yang ditetapkan atau kurang dari sama dengan 55.

Salah seorang pendaftar bernama Muhammad Zainal Afandi mengaku belum puas atas nilai UN-nya.

Lulusan SMKN 1 Kotabaru tahun ajaran 2016/2017 itu kini sudah duduk di bangku kuliah. Namun, dia tetap ingin memperbaiki nilai dengan mengikuti UN Gelombang II.

"Nilainya kurang memuaskan, jadi ingin memperbaiki. Ya, supaya lebih baik dan untuk kemudahan di dunia kerja," kata Zainal.

Pelaksanaan UN Gelombang II dijadwalkan pada tanggal 13 s.d. 15 Oktober 2017. Ada tiga mata pelajaran yang diujikan, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Sebagai tempat pelaksanaan ujian, SMKN 1 Kotabaru menyiapkan dua ruangan laboratorium sesuai dengan jumlah peserta.


Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017