Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan mengontrol pelaksanaan perbaikan/peningkatan jalan provinsi yang berada di Kabupaten Tanah Laut.

"Jalan provinsi yang kami kontrol tersebut, yaitu antara Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Laut (Tala) dengan Pantai Takisung," ujar Sekretaris Komisi III DPRD Kalimantan Selatan H Riswandi SIP di Banjarmasin, Kamis.

Selain itu, jalan antara Pelaihari (65 kilometer timur Banjarmasin) dengan Pantai Batakan, lanjutnya menjawab Antara Kalsel sesaat mau berangkat mengontrol jalan provinsi di "Bumi Tuntung Pandang" Tala tersebut.

"Kami ingin melihat sampai sejauhmana hasil pekerjaan perbaikan/peningkatan jalan provinsi yang kedua-duanya menuju objek wisata bahari (Takisung dan Batakan) tersebut," tutur anggota DPRD Kalsel tiga periode itu.

Namun politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu tidak menyebut nilai proyek perbaikan/peningkatan jalan provinsi menuju objek wisata bahari tersebut, kecuali mengatakan, pembiayaannya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalsel 2017.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) itu berharap, dengan perbaikan/peningkatan jalan tersebut semakin menarik wisatawan berkunjung ke Pantai Takisung dan Batakan.

"Apalagi Pantai Takisung (sekitar 77 kilometer timur Banjarmasin) dan Pantai Batakan (sekitar 125 kilometer timur Banjarmasin) itu masuk detinasi wisata Kalsel atau Tala khususnya," demikian Riswandi.

Di Tala yang menggunakan motto daerah Tuntung Pandang tersebut saat ini terdapat tiga objek wisata bahari/pantai yang menjadi perhatian/sering mendapat kunjungan, yaitu Pantai Takisung, Batakan, dan Pantai Swarangan (sekitar 140 kilometer timur Banjarmasin).

Selain itu, terdapat sejumlah objek wisata alam dengan panorama pegunungan antara lain air terjun Bajuin, dan taman rekreasi Gunung Kayangan yang berada di lintas jalan trans Kalimantan arah timur Kalsel.

Motto daerah Tala itu berasal dari bahasa daerah Banjar Kalsel yang terjemahan secara harfiah yaitu tuntung = selesai, pandang = penglihatan, sedangkan pengertiannya ialah sebuah hasil pekerjaan yang memuaskan.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017