Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris mengatakan, saat ini seluruh lembaga pendidikan terutama perguruan tinggi di daerah ini mempersiapkan diri menghadapi tantangan era ASEAN Economy Comumunity atau Masyarakat Ekonomi ASEAN.


Menurut Sekda di Banjarmasin Rabu, persiapan tersebut, bukan hanya pada pengembangan sumber daya manusia tetapi juga upaya untuk meningkatkan kemampuan teknologi.

"Tanpa penguasaan teknologi, lembaga pendidikan, siswa atau mahasiswa akan sulit untuk menghadapi tantangan globalisasi dan modernisasi," katanya.

Perkembangan informasi teknologi sekarang ini, tambah dia, harus diimbangi dengan kesiapan sumberdaya manusia (SDM) profesional yang ahli di bidangnya, sebagai jawaban membendung tantangan era MEA ini.

Sebelumnya, Sekda menghadiri Seminar Pendidikan Komputer yang digelar YSBP STKOM Sapta Balangan, dengan menghadirkan nara sumber utama adalah dosen ahli perguruan tinggi di Malaysia di bidang teknologi informasi (IT) yakni Prof Maizatul Hayati Dekan PSKIK Malaysia.

Selain itu, Ketua Jabatan Komputeran UPSI Malaysia dan Prof Muhammad Modi dan Dr Suzani Dosen PSKIK Malaysia.

Ketua YSBP STKOM Balangan Slametno mengatakan, seminar tersebut merupakan salah satu upaya STKOM Balangan untuk membantu meningkatkan mutu SDM daerah terutama para guru di bidang IT dalam menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Diutarakan tujuan seminar di bidang IT dalam rangka kesiapan menghadapi MEA Bidang IT yang saat ini kebutuhan teknologi merupakan seuatu keharusan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern.

Guru atau tenaga pengajar merupakan tumpuan awal meneruskan pengetahuan tentang teknologi informasi untuk selanjutnya menjadi media tranformasi ilmu kepada siswa atau pelajar sebagai generasi penerus.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kalsel Gusti Yanuar Rifai menyambut positif diselenggarakannya Seminar Pendidikan Bidang IT.

"Pemprov Kalsel akan terus mendorong dan mendukung kegiatan-kegiatan edukasi bagi peningkatan sumber daya manusia di bidang apapun, termasuk seminar di bidang IT,` terangnya.

Kegiatan seminar pendidikan yang digelar YSBP STKOM Balangan ini, sebut Yanuar, merupakan media transfer ilmu pengetahuan di bidang IT dan sangat selaras dengan Visi Kalimantan Selatan 2016-2021, yakni mewujudkan Kalsel Mandiri dan Terdepan melalui visi Kalsel Cerdas. 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017