Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 tahun 2017 dengan beragam lomba.


Kepala SMAN 1 Kandangan, Herniyati Handayani, di Kandangan, Rabu (16/8), mengatakan, peringatan HUT merupakan salah satu bentuk rasa syukur, baik atas apa yang telah dilakukan, sehingga banyak prestasi yang telah diraih, baik ditingkat Nasional maupun tingkat Asia Tenggara.

Ia menjelaskan, makna peringatan HUT diharapkan dapat menambah kedewasaan SMAN 1 Kandangan untuk mempersiapkan anak-anak bangsa menjadi generasi penerus pembangunan berkualitas, untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia mendatang.

"Rangkaian peringatan HUT ke-61 SMAN 1 Kandangan diawali dengan kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa persatuan, persaudaraan dan persahabatan dengan menyelenggarakan berbagai lomba yang diikuti antusias anak-anak,"katanya.

Lomba-lomba tersebut antara lain, gerak jalan, cipta puisi, Majalah Dinding (Mading) tiga dimensi, poster yang berwawasan pada pelestarian lingkungan hidup, Palang Merah Remaja (PMR), masak sehat dan diakhiri dengan kegiatan kemanusiaan berupa donor darah sebanyak 40 kantong darah.

Dijelaskan dia, SMAN 1 Kandangan pada tahun 2017 ini, telah berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata mandiri. untuk mencapai penghargaan adiwiyata mandiri tersebut tidaklah mudah, diperlukan kerja keras, komitmen yang tinggi dan diperlukan ikhtiar yang luar biasa.

Menurut dia,  penghargaan bukanlah tujuan utama tetapi yang lebih penting sekolah menanamkan nilai bagi semua peserta didik untuk menjaga kebersihan, lingkungan hidup baik disekolah, keluarga maupun masyarakat, sehingga tidak ada lagi yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Adanya adiwiyata mandiri ini, diharapkan dia, kedepan  anak-anak SMAN 1 Kandangan dapat  memanfaatkan sampah,  menjadi barang-barang yang bermanfaat, dan mempunyai nilai ekonomi serta mempunyai nilai seni yang tinggi.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengucapkan Selamat HUT ke-61 SMAN 1 Kandangan dengan harapan terus maju dan berkembang untuk memberikan yang terbaik, saat memberikan sambutan dalam Peringatan HUT SMAN 1 Kandangan ke-61, di Kandangan, Rabu (16/8) pagi.

Ia mengatakan, SMAN 1 Kandangan terus tumbuh dengan pesat yang dibuktikan dengan berbagai keberhasilan yang diperoleh baik keberhasilan di bidang akademik maupun keberhasilan di bidang-bidang lainnya. 

"Membanggakan pada tahun ini SMAN 1 Kandangan bisa memperoleh Adiwiyata Mandiri yang tidak mudah untuk didapatkan, hal ini menjadi motivasi melakukan banyak hal untuk mempertahankan dan meningkatkannya, juga yang lebih penting perubahan perilaku atau sikap siswa,"katanya.

Ia mengharapkan, agar anak-anak SMAN 1 Kandangan agar tidak ada yang merokok baik di sekolah, diluar sekolah maupun dirumah, selain itu tugas anak-anak adalah belajar disekolah dan menunjukan prestasi serta kreativitas yang terbaik, sehingga bisa bersinergi antara kepala sekolah, dewan guru dan siswa.

Kepada Kepala Sekolah dan Dewan Guru, ia memesankan, untuk terus meningkatkan kinerjanya dengan membangun kerja sama melalui tim yang kuat untuk mengawal SMAN 1 Kandangan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Turut berhadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Pendidikan Nordiansyah, Pengurus Komite SMAN 1 Kandangan, dewan guru, mantan kepala sekolah, guru yang purna tugas serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017