Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Eny Apriyati Darmawan Jaya dan Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarbaru Hj Syarifah Mariatul Said Abdullah serta pengurus PKK Kota Banjabaru melakukan peninjauan di Posyandu Cempaka Putih Sungai Ulin Kecamatan Banjarbaru Utara.

Dan lokasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kelurahan Guntung Manggis, Hatinya PKK di Komplek Berlina Landasan Ulin Timur dan peninjauan lokasi gerakan tanam cabe di Landasan Ulin selatan, Landasan Ulin Barat, Landasan Ulin Utara, Syamsudin Noor dan Guntung Payug, dalam rangka kesiapan lomba Posyandu, PHBS dan Hatinya PKK.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani saat melakukan peninjauan serta pembinanan mengatakan bahwa Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu merupakan salah upaya kesehatan yang bersumberdaya masyarakat, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat.

Keberadaannya kini sudah tersebar di seluruh kelurahan yang berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dan wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat terutama yang berkaitan dengan penurunan kematian ibu, bayi dan balita.

Hj Ririen Nadjmi Adhani  juga menyampaikan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku yang harus dipraktekkan oleh setiap individu dengan kesadaran sendiri untuk meningkatkan kesehatannya dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat.

PHBS di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu mempraktikkan PHBS untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat.

Melalui Hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar untuk mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. Demikian disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani.

Gerakan Hatinya PKK meliputi pemanfaatan pekarangan dengan tanaman, diantaranya Kebun Gizi Keluarga dengan Buah dan Sayur, Apotik Hidup dengan Tanaman Obat Tradisional, Warung Hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta Tanaman pelindung/Tanaman Keras.

Penataan Halaman juga diperhatikan dengan menata sarana Pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak terdapat genangan di halaman rumah yang dapat menjadi sumber penularan penyakit.

Serta penataan halaman dengan aneka tanaman hias, gar menimbulkan kesan ASRI pada rumah tersebut, dan memelihara kebersihan, keindahan serta kenyamanan lingkungan.Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani  juga meninjau lokasi-lokasi Gerakan Tanam cabe masyarakat.


Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017