Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pesawat Garuda jenis Airbus untuk mengangkut calon jamaah haji kloter pertama Embarkasi Banjarmasin pada 30 Juli 2017 dinyatakan sudah siap terbang dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor.

"Sudah beberapa hari pesawat yang mengangkut kloter pertama haji daerah kita itu datang di bandara," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel H Noor Fahmi, di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, Pesawat Garuda yang berkafasitas sebanyak 325 penumpang tersebut terbilang cukup dini datangnya sebelum jadwal keberangkatan pada Minggu, 30 Juli 2017 sekitar pukul 13.30 Wita.

Untuk kloter pertama yang akan diangkut pesawat ini, tutur Nor Fahmi, adalah calon jamaah haji berasal dari Kota Banjarmasin.

"Kloter pertama ini akan diberangkatkan ke Madinah," ujarnya.

Selain kloter satu ini, ungkap dia, kloter selanjutnya hingga sembilan dari 17 kloter yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin menempuh tujuan Madinah, Arab Saudi.

"Selanjutnya gelombang kedua dari kloter 10 hingga 17 akan menuju Mekkah melalui bandara Jeddah," ujarnya.

Dikatakan dia, untuk jumlah total calon jamaah haji yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin ini sebanyak 5.271 orang, dengan rincian kuota Kalsel sebanyak 3.848 orang dan Kalimantan Tengah (Kalteng) sebanyak 1.423 orang.

"Jadi kloter khusus calon jamaah haji asal Kalsel itu sebanyak 11 kloter, lima kloter dari Kalteng dan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalteng," terangnya.

Dia mengatakan, bahwa surat menyurat keberangkatan para calon jamaah haji asal Kalsel khususnya seperti dokumen visa sudah beres, utamanya tujuh kloter yang berangkat pada gelombang pertama.

"Jadi tidak ada masalah lagi, sekarang ini tinggal para calon haji saja lagi yang harus mempersiapkan diri untuk menempuh perjala an panjang menunaikan ibadah rukun Islam yang ke-5 ini," ucapnya.

Noor Fahmi berharap, semua calon haji agar menjaga kesehatan jasmani dan rohaninya sebelum keberangkatan ini.

"Karena keberangkatan sudah dekat, jangan berkegiatan yang melelahkan apalagi sering bergadang menerima tamu," ingatnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017