Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Saidi Mansyur mengatakan, Kota Martapura siap menjadi tuan rumah sepeda santai (gowes) Pesona Nusantara yang menjadi agenda seluruh daerah di Indonesia.

"Martapura siap menjadi tuan rumah dan diharapkan pelaksanaan di etape gowes Kota Intan Martapura tanggal 23 Juli 2017 berjalan tertib dan lancar," ujar wakil bupati di Martapura, Jumat.

Ia mengatakan, sepeda santai yang dibuka untuk umum dengan pendaftaran gratis itu diharapkan bisa diikuti ribuan peserta yang berasal dari Martapura dan kota-kota lainnya di Kalsel.

Peserta bisa mendaftar melalui media sosial, yakni facebook "bersepeda Kalsel", kantor Dispora Kabupaten Banjar Jalan A Yani Km 39, GPN Martapura maupun ISSI Kabupaten Banjar.

"Kami mengajak masyarakat bisa ikut berpartisipasi apalagi hadiahnya menarik seperti hadiah nasional yakni pilih wisata favorit di seluruh Indonesia untuk 10 pemenang," katanya.

Disebutkan, jumlah peserta yang ikut pada kegiatan dalam rangka mendukung program "Ayo Olahraga" yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga ditargetkan mencapai 2.000 pesepeda.

"Kami targetkan pesertanya mencapai 2.000 pesepeda baik masyarakat umum maupun komunitas sepeda yang bisa ikut berpartisipasi sehingga kegiatan semakin meriah," ungkapnya.

Menurut dia, sesuai nama kegiatan yakni Gowes Pesona Nusantara sehingga rute bersepeda yang ditempuh peserta akan melintasi sejumlah kawasan yang memiliki daya tarik wisata.

"Rute yang akan dilintasi peserta mulai dari ruang terbuka hijau Ratu Zalecha pusat kota Martapura termasuk melintasi kawasan religius seperti ruas Jalan Sekumpul," ujar dia.

Dikatakan, sesuai maksud dan tujuan kegiatan yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sehingga diharapkan lomba bisa diikuti sebanyak-banyaknya peserta.

"Sasaran kegiatan seluruh masyarakat tanpa memandang usia maupun jenis sepeda dan diharapkan melalui gowes ini masyarakat semakin banyak dan gemar berolahraga sepeda," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017