Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Selatan berbuka bersama jajaran, para relawan, serta anak panti asuhan di Sekretariat PMI provinsi tersebut, Jalan S Parman Banjarmasin, Minggu.

Ketua PMI Kalimantan Selatan (Kalsel) Gusti Iskandar Sukma Alamsyah ketika itu mengatakan, acara berbuka puasa bersama tersebut sekaligus syukuran penempatan markas baru, yang sebelumnya Kantor Inspektorat provinsi setempat.

Mantan anggota DPR RI asal daerah pemilihan Kalsel itu mengajak kaum Muslim khususnya untuk instrospeksi, terutama yang berkaitan hubungan dengan Allah swt (hablum minallah) dan sesama manusia (wa hablum minannas).

"Apakah sudah baik atau benar hubungan kita dengan Allah swt dan antarsesama manusia," lanjut mantan Pelaksana tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalsel itu.

Pada kesempatan itu pula dia mengajak agar menjaga persatuan dan kesatuan supaya tetap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pasalnya belakangan muncul berbagai bentuk rongrongan yang mau memecah belah persatuan dan kesetuan bangsa Indonesia yang majemuk atau terdiri atas beragam suku, etnis dan agama.

"Dengan menempati markas baru kita berharap akan lebih meningkatkan kinerja PMI di Kalsel, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota beserta para relawan dalam melaksankan tugas-tugas kemanusiaan," demikian Iskandar.

Memberikan sambutan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov setempat, Siswansyah yang juga mengajak agar masyarakat daerahnya menjaga ukhuwah Islamisyah, persatuan dan kesatuan bangsa.

Sedangkan tausiah menjelang berbuka puasa bersama tersebut Prof DR HA Hafiz Ansyari MA yang menguraikan secara sekilas hubungan antara agama, donor darah dan kemanusiaan.

Markas PMI Kalsel itu satu atap dengan unit transfusi darah PMI Kota Banjarmasin.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017