Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menyiapkan 103 lapak bagi para pedagang di Pasar Ramadhan untuk menjual berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Kepala Dinas Perdagangan HST Yuserani di Barabai, Senin mengatakan tiap pedagang membayar sewa sebesar Rp500 ribu selama ramadhan dengan lokasi di jalan Pasar Lama.

 "Untuk tiap lapak pedagang menebusnya sebesar Rp500 ribu dan kita menyiapkan sebanyak 103 lapak," jelas Yuserani.

Sebelumnya Pasar Ramadhan di 'Bumi Murakata' ini diresmikan oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah H A Chairansyah bersama Ketua TP PKK Hj Ernawati.

 Menurut Chairansyah kegiatan pasar ramadhan merupakan agenda rutin dan tradisi selama bulan suci Ramadhan sekaligus sarana untuk memenuhi keperluan kaum muslimin dalam menyediakan menu berbuka puasa.

Termasuk mempopulerkan kuliner khas Barabai yang cukup dikenal seperti kue apem, bingka kentang dan lapis legitnya.

Keberadaan pasar ramadhan salah satu kepedulian pemerintah daerah untuk mengakomodir masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbuka puasa," jelas Chairansyah.

Selain itu mengakomodir para pedagang khususnya pelaku UKM untuk bisa meningkatkan pendapatannya melalui pasar ramadhan.

Dia juga berpesan kepada pedagang maupun pembeli agar tetap menjaga kebersihan pasar, penataan parkir yang teratur sehingga tidak menimbulkan kemacetan jalan.

"Ciptakan kenyamanan pasar Ramadhan yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan saya juga mengajak kaum muslimin untuk memuliakan masjid dan langgar dengan berbuka puasa bersama, menjalankan ibadah tarawih dan tadarus al-qur’an," ungkap Chairansyah.

Serta tidak membunyikan petasan yang dapat membahayakan diri sendiri serta mengganggu orang lain dalam melaksanakan ibadah.

Pewarta: Muhammad Taufik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017