Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Rosihan Adhani mengimbau masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji hendaknya dilaksanakan saat usia masih muda.

Imbauan itu disampaikannya menjawab ANTARA terkait banyaknya warga asal Kalsel maupun Kalteng yang meninggal di tanah suci Mekkah dan Madinah berusia lanjut dan masuk kategori risiko tinggi.

"Imbauan kami, masyarakat yang ingin berhaji hendaknya melaksanakan saat usia muda jangan sampai menunggu tua untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan termasuk meninggal dunia," ujarnya.

Sesuai data Sistem Komputer Haji Terpadu (Siskohat) Embarkasi Banjarmasin,  jamaah asal Kalsel dan Kalteng yang meninggal dunia di tanah suci hingga 21 November 2011 13 orang.

Dilihat dari segi usia, yang meninggal hampir seluruhnya berusia lanjut, tujuh orang berusia diatas 70 tahun sisanya berusia diatas 50 tahun dan hanya satu orang berusia 36 tahun.

Ia mengatakan, jamaah haji Kalsel maupun Kalteng yang diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin memang cukup banyak yang berusia lanjut sehingga termasuk berisiko tinggi.

Disebutkan, jumlah jamaah haji berusia lanjut mencapai 40 persen dari total jamaah haji dua provinsi itu yang mencapai 5.432 orang.

Dikatakan, ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan kekuatan fisik dan mental sehingga mereka yang menjalaninya harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Apalagi, kata dia, situasi dan kondisi di Arab Saudi berbeda dengan keadaan ditanah air sehingga setiap orang harus mampu beradaptasi baik terhadap musim maupun kondisi lingkungan setempat.

"Jika tidak tahan menghadapi situasi dan kondisi berbeda hingga kadang merasakan cuaca ekstrim yang membuat jatuh sakit hingga ada yang meninggal dunia," ujarnya.

Namun, lanjut dia, jika memang berangkat haji diusia tua maka yang bersangkutan harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga mampu menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji.

"Persiapan yang bisa dilakukan sebelum berangkat adalah olahraga dengan baik dan benar, terukur serta teratur termasuk mengkonsumsi makanan bergizi dan menjaga gaya hidup sehat," katanya.(Zal/A)

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011