Balangan, (Antaranews Kalsel) – Dalam rangka Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang akan diselenggarakan pada 6 sampai 11 Mei 2017 di Provinsi Aceh, Pemkab Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, memberangkatkan kontingen berjumlah 45 orang, 37 orang di antaranya merupakan peserta utama.

Keberangkatan kontingen Bumi Sanggam pada ajang dua tahunan ke Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh tersebut, dilepas secara langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, Selasa (2/5) kemarin, di Aula Benteng Tundakan, Setdakab Balangan, dan dihadiri juga oleh kepala Dinas Pertanian setempat Ir, Tuhalus serta Sekda kab Balangan, H Ruskariadi.

Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya mengungkapkan, sepulangnya dari Penas Petani dan Nelayan ke XV di Banda Aceh ini, para peserta KTNA Balangan yang berangkat diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap pertanian di Balangan secara keseluruhan.

Untuk itu, kata Anshar, para peserta harus bisa menggali ilmu pertanian baru agar bisa membawa pengalaman baru bagi petani Balangan, untuk memantapkan Balangan dalam mewujudkan  ketahanan dan kedaulatan pangan menuju petani yang sejahtera, hebat dan terdepan.

"Saya yakin, dengan keikutsertaannya KTNA Balangan di Penas, akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan profesionalisme petani dan kemajuan pertanian secara keseluruhan," ujarnya.

Apalagi lanjutnya, kegiatan Penas ini dikenal sebagai wadah kegiatan belajar dan mengajar bagi sesama peserta petani untuk saling tukar menukar informasi, serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama antara petani, bahkan bisa juga dengan  peneliti atau penyuluh serta skala besar dengan pihak swasta.

"Gunakanlah serta manfaatkanlah kesempatan di kegiatan Penas KTNA ini sebagai wadah menambah pengalaman dan ilmu, untuk kita bawa dan terapkan demi kemajuan pertanian di Balangan," pesannya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017