Biak, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Biak Numfor, Papua menjadi destinasi wisata unggulan di Provinsi Papua dengan program Festival Biak Munara Wampasi (BMW) yang akan berlangsung selama empat hari,  1-4 Juli 2017.

"Kegiatan marathon internasional yang dikemas dalam festival BMW 2017 diharapkan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan mancanegara," kata Bupati Thomas Ondy berkaitan Biak menjadi kota jasa unggulan wisata daerah dan penyelenggara pertandingan olahraga regional Papua dan Papua Barat, Rabu.

Ia mengakui, festival BMW yang diselenggarakan setiap tahun Pemkab Biak Numfor sebagai kegiatan pariwisata budaya masyarakat adat Biak.

Bupati Thomas berharap, kelompok elemen warga nusantara di Kabupaten Biak Numfor untuk bersama pemkab dalam menyukseskan kegiatan pariwisata budaya masyarakat adat Pulau Biak.

"Kunjungan wisatawan ke Pulau Biak karena keindahan potensi sumber daya alam dan keberagaman budaya yang masih asli menjadi produk ungguan wisatawan," ungkap Bupati Thomas Ondy.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Ony Dangeubun mengatakan, pada festival BMW 2017 akan digelar atraksi budaya snap mor yakni menangkap ikan di air laut yang surut, permainan apen byaren berjalan di atas batu panas.

Kegiatan lain festival BMW di antaranya  lomba perahu adat Mansusui/Wairon, pameran budaya, hiburan, kunjungan wisata ke objek wisata, serta marathon internasional dan lomba fotografy air bawah laut.

"Pemkab Biak Numfor sudah meluncurkan festival BMW 2017 melibatkan manajemen PT Angkasa Pura 1, Asita, pelaku usaha pariwisata serta komunitas foto bawah air laut," ujar Dangeubun.

Kabupaten Biak Numfor menjadi destinasi wisata olahraga nusantara karena menjadi tuan rumah pertandingan cabang basket piala bupati cup 2017 dengan rtusan atlet dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Papua.

Pewarta: Muhsidin

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017