Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melibatkan seluruh perusahaan yang ada di wilayah "Bumi Bersujud" untuk menyukseskan program 1.000 guru berprestasi dalam mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di Yayasan Surya Institut Tangerang.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, di Batulicin, Senin, mengatakan terealisasinya program 1.000 guru berprestasi mengikuti Diklat tidak hanya mengandalkan dana APBD, namun pemerintah daerah juga menggandeng setiap perusahaan agar turut serta berpartisipasi melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Diantaranya tiga perusahaan yang terdiri PT Sungai Danau Jaya (SDJ), PT. BUMA dan PT TBR telah menyalurkan dana CSR sebesar Rp1,2 miliar untuk mendukung program 1.000 guru berprestasi," katanya.

Program 1.000 guru berprestasi akan dilaksanakan selama lima tahun ke depan, dengan target setiap tahun akan dikirim sebanyak 200 guru berprestasi untuk mengikuti Diklat atau pelatihan pendidikan.

Periode 2017 atau tahap pertama sebanyak 60 guru berprestasi diberangkatkan mengikuti Diklat dengan dibiayai dari dana APBD.

Tahap kedua dikirim 50 guru berprestasi dengan menggunakan biaya dari CSR perusahaan PT SDJ, PT. BUMA dan PT. TBR. sehingga untuk target memberangkatkan 200 guru berprestasi pada periode 2017 masih kurang 90 orang.

"Kami akan meminta kepada seluruh perusahaan di Tanah Bumbu yang belum melibatkan diri untuk ikut menyukseskan program Pemerintah Tanah Bumbu yang saat ini dilaksanakan," imbuhnya.

Menurutnya, program 1.000 guru berprestasi merupakan upaya Pemkab Tanah Bumbu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik atau guru, sehingga kedepannya dapat menciptakan lebih banyak pelajar yang berprestasi untuk kemajuan Tanah Bumbu.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017