Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Panitia napak tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan 2017 menargetkan peserta yang akan mengikuti kegiatan tahunan tersebut bisa mencapai 100 tim lebih sebagaimana yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Ketua DPD KNPI HSS Agus Abdi Riswandi sekaligus penasehat kegiatan mengatakan,  pada tahun-tahun sebelumnya, acara napak tilas ini selalu diikuti ratusan tim, bukan hanya dari lokal tapi juga dari luar daerah seperti dari Barito Timur, Kalimantan Tengah termasuk penggelaran seni budaya dari tim luar daerah yang dipersembahkan saat rangkaian kegiatan napak tilas di Kabupaten HSS.

Menurut dia,  kegiatan ini bertujuan agar generasi muda yang mayoritas menjadi peserta napak tilas dapat meneladani jejak perjuangan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, dengan mendapatkan pengalaman spiritual dan emosional untuk bekal mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan para pahlawan di negeri ini.


Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui dinas pendidikan bekerja sama dengan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Hulu Sungai Selatan (DPD KNPI HSS) kembali menggelar napak tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan 2017.


Menurut Agus, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkan dan KNPI untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan sekaligus mengenang para pahlawan bagi generasi muda.

"Kepanitiaan kegiatan sesuai arahan Bapak Bupati HSS Achmad Fikry, yaitu menggandeng organisasi kepemudaan yang ada di Hulu Sungai Selatan seperti Mapala Meratus Hijau, HMI, Tagana, Orari, Pramuka dan lainnya," katanya.

Bagi peserta atau group yang ingin mengikuti kegiatan ini, tidak dipungut biaya pendaftaran, namun setiap tim yang terdiri dari lima orang diminta kontribusi sebesar Rp50 ribu, untuk asuransi.

"Panitia tidak menanggung asuransi bila terjadi sesuatu di jalan, sehingga kita minta untuk membayar Rp50 ribu per tim untuk kebutuhan tersebut," katanya.

Sedangkan untuk kebutuhan lain, seperti akomodasi, transportasi, konsumsi dan lainnya selama kegiatan menjadi tanggungan panitia.

Pendaftaran peserta terbuka untuk umum sudah dimulai sejak 10 April 2017 hingga tanggal 16 Mei 2017 di sekretariat DPD KNPI HSS yang bertempat di Gedung MTQ Lantai 1, Kandangan dengan pertemuan teknis pada 16 Mei 2017, pelaksanaan kegiatan napak tilas pada tanggal 17 Mei sampai 20 Mei 2017.

Diungkapkan dia, untuk sosialisasi kegiatan napak tilas pihaknya secara aktif telah melakukan pendekatan penyebaran brosur dan formulir dengan mendatangi secara langsung ke sekolah-sekolah, penyebar luasan info kegiatan juga melalui media sosial, cetak dan elektronik.

Adapun biaya kegiatan bersumber dari Pemkab HSS melalui Dinas Pendidikan HSS, untuk tahun ini dilaksanakan oleh diketuai H Abdul Hadi, OKP Pemuda Panca Marga (PPM) HSS didukung seluruh elemen kepemudaan di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017