Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan melalui swasembada beras, maka pemerintah daerah terus mendorong terwujudnya program nasional tersebut. Dukungan penuh pemerintah daerah yaitu dengan memberikan bibit unggul kepada para petani yang ada bumi bersujud.

Pemberian bibit unggul kepada petani ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas padi yang saat ini hasilnya masih jauh dari yang diharapkan. Ketidakmampuan dalam hal meningkatkan produktifitas tersebut di pengaruhi oleh bibit yang ditanam oleh petani kurang bagus.

Oleh sebab itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming pun berencana akan membagikan bibit padi unggul kepada para petani. Sebagai langkah awal untuk mendapatkan bibit benih padi unggul tersebut, Bupati Mardani H Maming mendatangkan ahli pertanian lulusan Jepang yang diharapkan dapat membantu meningkatkan produktifitas serta mensejahterakan petani.

Sejauh ini, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dengan dibantu tenaga ahli pertanian sudah melaksanakan penangkaran bibit padi sebanyak 1 ton dilahan seluas 38 hektare yang berada di Kecamatan Kusan Hilir yang merupakan daerah wilayah pertanian di Tanah Bumbu.

Kedepannya bibit-bibit unggul tersebut nantinya akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat sehingga padi yang ditanam oleh petani di Tanah Bumbu memiliki nilai jual dan mampu bersaing dengan hasil pertanian dari daerah lain.  



Pewarta: Humas/Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017