Amuntai, (Antaranews.Kalsel) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menargetkan peserta KB Pria tahun 2017 bisa mencapai sebanyak 90 Akseptor.


Kepala Bidang KB Taberani di Amuntai, Kamis mengatakan, guna mencapai target yang dipatok pihak provinsi ini akan rutin dilakukan pelayanan Medis Operasi Pria (MOP) secara gratis ke masyarakat.

"Adanya pelayanan MOP secara gratis kesemua kecamatan ini diharapkan mampu meningkatkan peserta baru KB Pria," ujar Taberani.

Taberani mengatakan, kegiatan MOP hanya membutuhkan waktu sekitar 10 -15 menit perorang yang ditangani oleh tenaga medis melalui tahapan pemeriksaan awal seperti cek darah dan lainnya guna memastikan calon akseptor siap menjalani MOP.

"Syaratnya harus berusia minimal 30 tahun dan sudah memiliki keturunan, karena jenis KB Pria ini bersifat jangka panjang," terangnya.

Salah satu Akseptor KB Pria, Yahdi Akhmadi mengakui MOP tidak berdampak bagi keharmonisan keluarganya karena masih bisa menjalankan kewajiban terhadap Isteri. Demikian pula tidak mempengaruhi kesehatan dan kebugaran sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Motivator program KB Pria MOP, Yusran mengatakan kegiatan sosialisasi dilakukan "door to door" untuk lebih meyakinkan kaum laki-laki agar menjadi peserta baru KB Pria MOP.

"Setiap tahun peserta baru selalu ada sehingga untuk jenis kontrasepsi pria ini Kabupaten HSU dinilai cukup berhasil seperti pencapaian tahun kemaren yang melebihi target," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017