Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) membangun gedung perpustakaan daerah menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) APBD 2024 dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpusnas RI senilai Rp14 miliar guna meningkatkan literasi masyarakat.

“Dari Perpusnas RI sekitar Rp9,5 miliar digunakan untuk pembangunan struktur fisik gedung perpustakaan mulai dari nol. Sedangkan dari APBD sekitar Rp4,5 miliar untuk tahap finishing terkait sarana dan prasarana pendukung lainnya,” kata Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten HST Ahmad Fatoni di Barabai, Kamis.

Baca juga: Pemkab HST evaluasi program guna tingkatkan layanan bagi masyarakat

Fatoni menjelaskan pembangunan perpustakaan daerah ini merupakan salah satu program utama Dinas Perpustakaan HST, yakni pengembangan layanan, dan sudah dirancang sejak dia menjabat sebagai kepala dinas hingga dapat terealisasi pada 2024.

“Ini juga penekanan utama dari Bupati HST agar program minat baca tidak hanya melalui sosialisasi, story telling, tetapi harus didukung dengan fasilitas yang mendukung, yakni perpustakaan daerah sebagai pusat layanan di kabupaten,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, Kepala Perpusnas RI juga memberikan dukungan penuh, sehingga mengalokasikan DAK setelah Pemkab HST menyusun dokumen perencanaan dengan matang.

Baca juga: Pjs Bupati HST minta DPRD pertajam pembahasan dua Raperda yang disampaikan

Fatoni menuturkan, sambil berjalan program utama Dinas Perpustakaan, realisasi pembangunan gedung perpustakaan saat ini sudah melebihi yang ditargetkan, yakni mencapai 85,30 persen.

Menurut dia, jika melihat progres, pembangunan perpustakaan ini dapat selesai pada akhir tahun sesuai yang ditargetkan, sementara sarana pendukung lainnya dapat diselesaikan pada tahun depan jika tahun ini tidak memungkinkan.

Fatoni mengatakan sebelum perpustakaan ini nantinya beroperasi, pihaknya mengupayakan penambahan koleksi buku fisik dengan bantuan dari para mitra, termasuk juga memfasilitasi tambahan koleksi buku di perpustakaan yang ada di desa dan sekolah-sekolah.

“Di lantai dasar perpustakaan ini nanti ada fasilitas perpustakaan ramah anak, ada ruang bermain dan pelayanan lainnya sehingga anak-anak TK dan PAUD lebih nyaman," ujar Fatoni.

Baca juga: Pemkab HST lakukan penginputan Anjab dan ABK pada aplikasi SIMONA
 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024