Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih penghargaan predikat sangat baik (BB) terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) karena efektif mengelola dana pembangunan di daerah.

“Penghargaan dari predikat baik menjadi sangat baik ini, merupakan bukti efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang berdampak pada tercapainya target dan sasaran pembangunan baik skala daerah maupun nasional,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Tapin Sufiansyah dalam keterangannya di Rantau, Tapin, Rabu.

Baca juga: BPBD Tapin: Langkah prabencana jadi kunci cegah karhutla

MenpanRB Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Rabu, menyerahkan penghargaan SAKIP kepada Sekda Tapin dan beberapa kepala daerah lain pada acara SAKIP Award 2024 dengan tema “Menguatkan sinergi, mewujudkan akuntabilitas untuk Indonesia Maju”.

“Kami bersyukur dengan penghargaan ini. Namun, saya berpesan kepada semua perangkat daerah agar terus menyederhanakan proses birokrasi di Kabupaten Tapin, sehingga nilai SAKIP Kabupaten Tapin lebih meningkat lagi dan ke depan dapat meraih predikat AA,” ucapnya.

Menurut Sufiansyah, penghargaan SAKIP ini tidak terlepas dari kerja sama dan komitmen perangkat daerah dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan ke arah yang lebih baik, sehingga berdampak terhadap kepentingan masyarakat.

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, usai menyerahkan penghargaan, mengatakan penghargaan SAKIP 2024 untuk mendorong sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Baca juga: Pemkab-DPRD Tapin sepakati Raperda Perubahan APBD 2024

Menurut dia, langkah ini menjadi salah satu upaya memaksimalkan peran pemerintah daerah untuk menjaga akuntabilitas kinerja sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan KemenPANRB Erwan Agus Purwanto mengatakan SAKIP Award merupakan ajang apresiasi bagi pemerintah daerah melalui evaluasi penilaian SAKIP terbaik.

“Kegiatan ini menjadi salah satu wadah sharing knowledge dan pembelajaran interaktif antar instansi pemerintah,” ujar Erwan.

Baca juga: Pemkab Tapin peringkat dua indeks pembangunan statistik se-Kalsel
 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang/M Rastaferian Pasya

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024